Komisi III Dukung Penguatan SDM, Sarana dan Prasarana BNNP Kaltara

Anggota Komisi III DPR RI Rudy Mas’ud. Foto: Andri/nvl

Anggota Komisi III DPR RI Rudy Mas’ud memberikan dukungannya kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) untuk memperkuat personel, dalam hal ini sumber daya manusia (SDM), serta penguatan sarana dan prasarana BNNP Kaltara yang sampai saat ini masih minim. 

“Nanti saat rapat dengan BNN di Jakarta akan saya sampaikan, untuk di wilayah perbatasan personel BNNP Kaltara harus ditambah, karena ini adalah daerah perbatasan langsung dengan negara tetangga. Jadi intinya bagaimana menambah personel juga sarana dan prasarana harus diperkuat di daerah ini,” tegas Rudy saat mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI dengan jajaran BNNP Kaltara di Tarakan, Kaltara, Senin (21/2). 

Politisi Partai Golkar ini mengingatkan, BNNP Kaltara yang terletak di daerah perbatasan harus lebih waspada dalam menjaga dan melakukan pengamanan terhadap jalur peredaran narkoba yang berasal dari negara tetangga. Termasuk mengantisipasi peredaran narkoba melalui jalur darat, laut, maupun udara. Berdasarkan penjelasan BNNP Kaltara, jalur laut yang paling rawan sekali penyelundupan narkoba. 

“Jadi ini (daerah perbatasan) perlu kita jaga mestinya harus berkali-kali lipat ketimbang daerah-daerah yang berada di jalur nasional. Karena jalur nasional Itu otomatis mendapatkan pasokan narkoba dari jalur internasional, artinya di sini harus lebih diperketat penjagaannya berkali-kali lipat baik personelnya, sarana dan prasarananya termasuk juga adalah yang paling utama politik anggaran. Bagaimana harus berpihak kepada daerah-daerah perbatasan agar mengurangi jumlah narkoba yang ada di nasional,” tegas Rudy. 

Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI itu menambahkan, kendati di jalur internasional hubungan Indonesia dengan Malaysia cukup baik, namun karena adanya daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, sehingga perlu ada penjagaan yang ketat di Kaltara untuk meminimalisir masuk dan keluarnya barang haram tersebut. 

“Bagaimana realisasinya, perlu diketahui bahwa Kalimantan Utara ini sangat luas dan jumlah personel yang ada apakah itu di kepolisian, kejaksaan termasuk di BNNP itu sangat minim. Jadi memang perlu kerja semua pihak untuk melaksanakan kegiatan penanggulangan narkoba. Untuk itu perlu dukungan di seluruh instansi kepala daerah yang ada di Kalimantan Utara untuk mendukung pemberantasan narkoba,” tandas legislator daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Timur itu. •man/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)