Komisi III Dukung Pengembangan Terobosan Digitalisasi Polri

 
Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery saat menggelar konferensi pers bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di selasar Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta. Foto: Jaka/Man

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery mengungkapkan, mayoritas Anggota Komisi III DPR RI mengapresiasi dan mendukung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sudah 100 hari memimpin institusi Polri. Salah satu program yang mendapat dukungan dari Parlemen adalah digitalisasi, sebuah implementasi tema besar Polri yakni prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (Presisi). Menurut Herman program digitalisasi ini merupakan fondasi awal menuju pelayanan Polri yang lebih profesional. 

“Kami melihat ini fondasi yang baik, terobosan yang luar biasa. Kami juga akan terus mengawal institusi Polri dalam melakukan perubahan tersebut. Ke depannya kami minta agar program-program terobosan semacam ini terus dikembangkan, program pelayanan berbasis teknologi digitalisasi,” papar Herman saat menggelar konferensi pers bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di selasar Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/6). 

Herman mendukung penuh pelayanan Polri melalui aplikasi digital. Melalui pelayanan digital ini akan meminimalisir penyelewengan. “Kami minta agar menggunakan sentuhan teknologi. Sehingga masalah pungli dan semacamnya bisa berkurang. Karena pelayanan dilakukan secara digital. Kami juga minta dukungan dari masyarakat, bahwa apa yang dikerjakan polri hari-hari ini baru basic. Kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat agar ke depan kerja Polri lebih profesional, lebih memiliki terobosan-terobosan yang bagus,” jelas politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut. 

Saat Rapat Kerja dengan Anggota Komisi III DPR RI, Kapolri Listyo Sigit Prabowo memaparkan program-program kerja yang telah dilakukan selama 100 hari kerja, termasuk hasil survei penilaian masyarakat terhadap institusi Polri oleh lembaga survei nasional. Kapolri memaparkan, ada 15 aplikasi layanan publik berbasis teknologi informasi yang dimiliki Polri dapat diakses masyarakat semudah memesan makanan ‘pizza’.   

“Saat ini, Polri telah menerapkan 15 aplikasi pelayanan publik dengan online system dan delivery system sehingga pelayanan publik Polri dapat lebih cepat, mudah, dan transparan dengan prosedur yang sederhana agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan Polri semudah memesan pizza,” jelas Listyo. 

Dia pun merinci 15 aplikasi layanan tersebut, yakni SIM Internasional online, SIM Nasional Presisi (SINAR), Ujian Teori SIM online (EAVIS), Elektronik Pemeriksaan Psikologi (E-PPSI), Elektronik Pemeriksaan Kesehatan (E-Rikkes), Binmas Online Sistem (BOS), Polri TV Radio, Samsat Digital Nasional (SIGNAL), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) online, Pelayanan Masyarakat SPKT, Aduan SPKT, SP2HP online, Patrolisiber.id, Dumas Presisi, dan Propam Presisi.  eko/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)