Komisi III Dorong Penuh Polri Ungkap Kasus Brigadir J Secara Transparan

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat lonferensi pers Komisi III DPR RI dengan Kapolri. Foto: JAKA/NVL
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir saat lonferensi pers Komisi III DPR RI dengan Kapolri. Foto: JAKA/NVL

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyatakan Komisi III DPR RI memberikan dukungan penuh terhadap Kapolri beserta seluruh jajaran Polri yang telah bekerja secara profesional, transparan dan akuntabel untuk mengungkap kasus pembunuhan Brigadir J oleh Irjen FS secara profesional dan akuntabel. Komisi III DPR RI juga mendesak Polri untuk memperbaiki sistem dalam tubuh kepolisian secara keseluruhan baik kelembagaan maupun kultural.

Hal itu disampaikan Adies saat konferensi pers Komisi III DPR RI dengan Kapolri usai Rapat Kerja Komisi III DPR RI dengan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran Polri, di antaranya Wakapolri Komjen. Pol. Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol. Agung Budi Maryoto, Kadiv Humas Polri Irjen. Pol.  Dedi Prasetyo serta segenap jajaran Mabes Polri, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

“Komisi III DPR RI telah melakukan rapat dengar pendapat dengan Kapolri beserta jajaran sejak pukul 10.00 WIB pagi hingga pukul 20.30 WIB. Jadi, Komisi III DPR RI sangat perhatian terhadap kasus Irjen FS dan Brigadir J ini yang sangat menjadi perhatian masyarakat. Kapolri tadi telah menjawab 45 pertanyaan dari 54 pertanyaan dari Anggota Komisi III terhadap inti kasus dari unsur pidana, obstruction of justice maupun unsur-unsur berkaitan kasus tersebut yang berkembang ditengah-tengah masyarakat,” ujar Adies.

Politisi Partai Golkar tersebut menyampaikan apresiasi terhadap Kapolri yang juga telah menyetujui beserta segenap jajaran Polri untuk melakukan perbaikan-perbaikan di institusi kepolisian. Kemudian, sambung Adies, Kapolri juga telah menyetujui beserta segenap jajaran Polri untuk melakukan perbaikanperbaikan di institusi kepolisian.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR RI Bambang Wuryanto memaparkan, Rapat Kerja Komisi III DPR RI dengan Kapolri menghasilkan dua kesimpulan. Pertama, Komisi III DPR RI mendukung secara penuh Kapolri dalam penanganan perkara pidana dalam peristiwa Duren Tiga secara profesional, transparan dan akuntabel. Kedua, Komisi III DPR RI mendesak Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan perbaikan sistem, reformasi kultural dan struktural di tubuh Polri secara terencana, terukur, objektif, prosedural dan akuntabel.

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan akan segera melaksanakan seluruh rekomendasi dari Komisi III DPR RI selaku mitra kerja yang menjadi modal Polri untuk terus bekerja lebih maksimal ke depannya. “Kami akan segera melakukan perbaikan dan pembenahan internal dan juga melaksanakan tugas-tugas pokok Polri serta tugas-tugas untuk mengawal kebijakan-kebijakan menghadapi berbagai macam kegiatan G20, dan juga kegiatankegiatan lain dalam rangka mengawal kebijakan pemerintah,” tandas Kapolri saat konferensi pers. •pun/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)