Komisi III Berikan Bantuan Untuk Korban Banjir Kalsel

 
Wakil Ketua komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh saat menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat korban banjir di Banjar, Kalimantan Selatan. Foto: Jaka/Man

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi III DPR RI memberikan bantuan berupa 2000 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak akibat bencana banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. Dari total bantuan tersebut, rencananya akan dibagi dan disalurkan untuk Kabupaten Banjar, Batola, dan Hulu Sungai Tengah.

“Bantuan ini adalah wujud kepedulian kami dari Komisi III DPR kepada masyarakat yang terdampak akibat bencana banjir ini. Dan bantuan ini adalah murni bersumber dari sumbangan Pimpinan dan para Anggota Komisi III DPR. Kami berharap bantuan tersebut bisa membantu meringankan masyarakat yang terpapar banjir,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh saat menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat di Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (4/2).

 Legislator dapil Kalimantan Selatan I ini berharap, bantuan yang diberikan ini bisa menarik bantuan-bantuan lain yang akan datang lagi nantinya. Tidak lupa, ia juga memberikan support berupa semangat kepada masyarakat agar bisa menghadapi cobaan ini.

“Yang penting hari ini masyarakat harus tetap semangat dan sehat. Kalau kita sehat, kita masih bisa berdoa bekerja dan ini sejatinya hanya cobaan. Sepanjang kita bisa dianugerahi oleh Allah SWT kesehatan, kita bisa terus berdoa mudah-mudahan kerugian akibat banjir bisa segera tergantikan,” imbuh politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsyi mengimbau, agar pemerintah juga harus tetap dalam kondisi stand by menyiapkan sarana & prasarana serta tata kelola untuk mengatasi banjir dan musibah lainnya, apalagi bencana ini terjadi di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

“Padahal musibah pokok ini sebetulnya yang sedang dihadapi pandemi Covid-19, tapi musibah lain datang silih berganti, ada gempa di Sulawesi Barat dan beberapa musibah di daerah lainnya. Karena itu, dana emergency dan semua hal-hal yang menyangkut kepedulian dan hak-hak sosial rakyat, ini harus menjadi perhatian penuh pemerintah,” imbuh legislator dapil Kalsel I ini.

Aboe Bakar menerangkan, saat ini mereka masih membutuhkan dukungan bahan pokok untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu perlu ada perhatian khusus dari pemerintah pusat maupun daerah mengenai hal ini. 

“Saya minta pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus memberikan program dukungan baik logistik maupun kesehatan untuk menolong warga Kalsel yang tertimpa musibah. Secara khusus saya minta Kapolda Kalsel agar menerjunkan personelnya guna membantu penanganan banjir ini, karena Polri adalah mitra kerja Komisi III yang memiliki personel terbesar dan memiliki visi melayani,” ucap politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini.

Kunjungan Komisi III DPR RI ini selain diikuti beberapa Anggota Komisi III DPR RI, juga didampingi langsung oleh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen. Pol. Rikwanto, Kajati Kalsel Rudi Prabowo Aji, Dandim 1006 Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto, serta pihak terkait lainnya.  jka/mh

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)