Komisi II: MPP Smart Salatiga Percepat Pelayanan Publik

Komisi II DPR RI meninjau MPP Smart Kota Salatiga. Foto: Sofyan/nvl

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim mengapresiasi kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) Smart Kota Salatiga. Menurutnya, MPP Smart memberikan kemudahan bagi masyarakat Salatiga dalam mendapatkan pelayanan publik seperti pengurusan perizinan hingga mengurus administrasi pribadi. Selain itu, kehadiran MPP ini menjadi bagian dari keinginan pemerintah dalam reformasi birokrasi dan memperpendek hierarki perizinan. 

“Kami mengapresiasi Kota Salatiga yang cepat membangun MPP. Dengan adanya MPP ini pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih mudah dan lebih cepat, sehingga masyarakat maupun kemungkinan investor-investor untuk datang, akan mendapatkan kepastian oleh sistem yang terjamin,” jelas Luqman usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI meninjau MPP Smart Kota Salatiga, di Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (3/2). Komisi II DPR RI diterima langsung oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto. 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menilai, dengan adanya MPP Smart Salatiga ini, ada perbedaan signifikan dalam pengurusan izin maupun administrasi, dibanding sebelum adanya MPP. Menurutnya, sepanjang persyaratan sudah lengkap, secara umum pengurusan perizinan berusaha sudah sangat cepat. Bahkan dalam hitungan menit sudah bisa selesai. Kendati diakui masih ada sejumlah perizinan yang membutuhkan waktu, misalnya persetujuan pendirian bangunan, karena membutuhkan rekomendasi dari dinas terkait. 

“Tapi di luar persetujuan pendirian bangunan, secara umum kita melihat (pelayanan perizinan kepada masyarakat) sudah sangat cepat. Selain sangat cepat, juga bisa diakses dari luar. (Masyarakat) tidak arus datang ke (MPP) sini. Masyarakat bisa (mengakses) dari rumahnya masing-masing, mengurus perizinan melalui mekanisme OSS (Online Single Submission) yang diterapkan oleh MPP Salatiga ini,” kata Luqman sembari mendorong kepada instansi vertikal yang belum ada di MPP Smart Salatiga untuk segera bergabung. 

Selain itu, Luqman mengapresiasi kemudahan aksesibilitas yang diberikan MPP Smart Salatiga kepada penyandang disabilitas atau difabel. “Saya melihat adanya aksesibilitas bagi kaum penyandang difabel, aksesnya mudah bagi difabel. SOP untuk masyarakat difabel dalam mengakses layanan bisa dipastikan. Kita menyaksikan sendiri, bagaimana jika masyarakat difabel datang, langsung dapat nomor antrean. Ada petugas yang memprioritaskan pelayanan yang lebih khusus. Sehingga bagi masyarakat difabel, sama sekali tidak ada hambatan mengurus perizinan di MPP Kota Salatiga ini,” tandas legislator dapil Jateng VI itu. •sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)