Komisi II Apresiasi BKN Temukan Kecurangan dalam Seleksi CASN di Makassar

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim. Foto: Bianca/nvl

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim mengapresiasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional (Kanreg) IV Makassar yang telah menemukan kecurangan beserta bukti-buktinya dalam proses seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 yang diselenggarakan di wilayah BKN Kanreg IV Makassar.  

Hal tersebut disampaikan Luqman usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II dengan Deputi Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto, Kepala BKD Provinsi Sulawesi Selatan Imran Jausi, Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar Agus Sutiadi beserta jajaran guna melakukan evaluasi penyelenggaraan seleksi CPNS tahun 2021 di wilayah Kanreg IV BKN Makassar, Sulsel, Selasa (16/11).  

“Sungguh (temuan permasalahan CASN) harus kita manfaatkan sebagai pintu untuk memperbaiki sistem, aturan main, standar operasional dan prosedur ke depan agar mekanisme rekrutmen calon ASN yang selama ini sudah mendapatkan kepercayaan masyarakat melalui sistem berbasis komputer ini bisa kita pulihkan kembali,” ujar Luqman.  

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, kecurangan yang terjadi dalam proses seleksi CASN lebih disebabkan adanya pihak-pihak yang diduga kuat melibatkan jaringan orang dalam. “Terjadinya kecurangan itu adanya insider atau pihak-pihak jahat yang diduga kuat melibatkan jaringan dalam. Jadi bukan serangan hacker dengan kecanggihan atau penguasaan IT tertentu,” imbuh legislator dapil Jawa Tengah VI tersebut.  bia/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)