Komisi I Minta Kominfo Bersinergi dengan Satgas Covid-19

Anggota Komisi I DPR RI Yan P. Mandenas. Foto: Dok/nvl

Anggota Komisi I DPR RI Yan P. Mandenas meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lebih proaktif dan bersinergi dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dalam mengontrol perkembangan serta penyebaran informasi terkait pandemi Covid-19.  

“Kami meminta Kominfo untuk menyaring informasi baru secara berkesinambungan terkait varian baru Covid-19, terukur berdasarkan data laboratorium  dengan klasifikasi penyakit agar tidak terjadi spekulasi opini media yang disebarluaskan ke publik tanpa melalui sumber resmi pemerintah,” kata Yan dalam keterangan pers kepada Parlementaria, Senin (5/7). 

Dengan sinergitas itu, diharapkan informasi terkait perkembangan Covid-19 yang tersebar di publik adalah benar, berdasarkan data, informasi berasal dari sumber valid dan kredibel. Hal ini agar tidak terjadi spekulasi opini media yang disebarluaskan ke publik tanpa melalui sumber resmi pemerintah.

“Saya juga berharap, Kominfo dapat menerapkan mekanisme dan sistem pemberitaan di semua media cetak, elektronik dan media sosial yang ikut mendorong masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” tandas politisi Partai Gerindra itu. 

Ia juga mengajak masyarakat berpartisipasi aktif mengikuti program vaksinasi sebagai upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran pandemi Covid-19 atau varian baru. “Kita akan mampu melewati masa-masa sulit di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda secara global,”  imbuh legislator dapil Papua itu.   ann/sf

"Dengan sinergitas itu, diharapkan informasi terkait perkembangan Covid-19 yang tersebar di publik adalah benar."

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)