Komisi I Minta BAKTI Kominfo Perhatikan Daerah Blank Spot

Foto bersama Tim Kunker Reses Komisi I DPR RI dengan mitra kerja di Palembang, Sumatera Selatan. Foto: Singgih/nvl

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Bambang Kristiono menyampaikan bahwa masih terjadi blank spot, signal lemah di beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karenanya, ia meminta Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk juga memperhatikan hal itu. 

“Masih banyak terjadi blank spot dan signal lemah, padahal di daerah-daerah itu menjadi daerah pusat UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah), pusat pariwisata dan lain sebagainya,” ungkap Bambang saat memimpin kunjungan kerja reses Komisi I DPR RI ke Palembang, Sumsel, Rabu (23/2). 

Sebagaimana diketahui, BAKTI Kominfo hadir untuk mengatasi kesenjangan digital dengan melakukan pembangunan akses broadband, khususnya di daerah yang belum terjangkau. Layanan ini menyediakan akses internet di Sekolah, Balai Latihan Kerja, Puskesmas, Balai Desa, Kantor pemerintahan serta lokasi publik di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). 

Sementara Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi menjelaskan bahwa produk hukumnya penugasan BAKTI untuk pembangunan Base Transceiver Station (BTS) hanya untuk di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal ) sudah tidak fleksibel, namun dalam pembangunan akses internet sudah bebas (flesible). “Walaupun ada keterbatasan tetapi dalam pembangunan akses internet itu sudah ada keleluasaan BAKTI untuk membangun akses internet di wilayah-wilayah non-commercial tapi bisa menjangkau masyarakat luas,” ujar Bobby. 

Merujuk data, Kominfo akan menyelesaikan pembangunan BTS di 7.904 desa/kelurahan sampai dengan tahun 2022, lebih cepat 10 tahun dari rencana awal penyelesaian di tahun 2032. Pada pertengahan tahun 2020 Kominfo melaporkan terdapat sekitar 9.113 daerah yang tidak terkaver jaringan 4G dan 3.435 daerah non 3T yang juga tidak terkover jaringan ini. Jika ditotal, ada sekitar 12.548 daerah blank spot di Indonesia. Untuk Tahun Anggaran (TA) 2021, Kominfo menetapkan target BTS 4G sebanyak 4.200 desa/kelurahan yang tersebar di 3T. •skr/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)