Komisi I Harap BAKTI Segera Luncurkan Satelit Baru di Tahun 2023

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid saat memimpin kunjungan kerja spesifik Panja Penyediaan Akses Internet Komisi I DPR RI ke Sumatera Utara. Foto: Nadya/nvl

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid berharap program yang sudah digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), khususnya Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk penyelenggaraan satelit baru di tahun 2023 dapat cepat terlaksana. Mengingat penggunaan internet oleh masyarakat Indonesia yang sudah cukup padat ditambah dengan beragam konten yang ada saat ini.  

Hal itu disampaikan Meutya usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Panitia Kerja (Panja) Penyediaan Akses Internet Komisi I DPR RI dengan Direktur Utama BAKTI Anang Latif, tentang Program Penyediaan Akses Internet di Sumatera Utara, Jumat (8/4).  

“Nampaknya dengan penggunaan internet yang sudah cukup padat dan konten-konten yang sekarang tidak lagi teks, video dan lain-lain, memerlukan bandwidth yang lebih besar. Dan ini kelihatannya yang dilakukan bandwidth-nya sudah cukup penuh yang dilakukan oleh BAKTI. Yang digunakan secara gratis oleh masyarakat, baik itu tenaga kesehatan, maupun juga murid-murid di sekolah-sekolah. Jadi kita harapkan nanti dengan beroperasinya satelit yang baru nanti Insha Allah kendala-kendala itu bisa tertangani,” jelas Meutya.  

Dalam kesempatan tersebut, Komisi I DPR RI mendapatkan penjelasan Direktur Utama BAKTI tentang Program Penyediaan Akses Internet di Sumatera Utara merujuk pada Peta Digital 2021-2024. Selanjutnya, Tim Panja mendukung BAKTI untuk terus melakukan langkah-langkah yang tepat dan strategis dalam mengantisipasi berbagai kendala dan masalah yang dihadapi, sehingga dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan akses internet bagi masyarakat terutama di sektor pendidikan, kesehatan, pariwisata dan pengembangan usaha.  

“Komisi I sedang membuat Panja untuk dukungan internet, pemerataan internet yang dilakukan oleh Kominfo, khususnya oleh BAKTI di seluruh Indonesia. Jadi ini dalam rangka menyerap masukan untuk Panja, sebetulnya pelaksanaanya sudah seperti apa, kalau ada kendala, kendalanya seperti apa? Termasuk misalnya dukungan-dukungan anggaran. Misalnya, diperlukan lebih banyak titik, berarti kita juga harus memikirkan tidak hanya fungsi pengawasan tapi fungsi penganggarannya seperti apa. Dan kami akan ke beberapa titik, Sumatera Utara salah satunya. Jadi kita akan lihat bagaimana juga di titik-titik lain untuk menjadi masukan bagi Panja,” tutur politisi Partai Golkar itu. •ndy/sf

Kendala yang ada nantinya akan tertangani dengan beroperasinya satelit yang baru.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)