Komisi I Dukung Peremajaan Alutsista Koarmada II Surabaya

Foto bersama Tim Kunspek Komisi I DPR RI dengan jajaran Koarmada II Surabaya. Foto: Hanum/Man

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Anton Sukartono Suratto mengatakan alutsista menempati posisi yang sangat penting karena sebagai salah satu unsur pembentuk kekuatan militer sebuah negara. Untuk itu, ia mendorong perlu dilakukan peremajaan alutsista milik TNI AL Koarmada II Surabaya. 

“Kita punya kapal-kapal yang sangat tua, itu harus kita remajakan. Artinya diganti dengan yang baru. Kalaupun belum bisa, yang ada harus dirawat dengan baik sehingga layak untuk beroperasi,” terangnya usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I DPR RI dengan Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto di KRI Dewaruci, Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, Jumat (17/9). 

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, Komisi I DPR RI akan mendukung penuh terkait anggaran yang dibutuhkan oleh Koarmada II Surabaya dalam modernisasi alutsista.  Sebab, Koarmada II Surabaya memiliki tugas pokok sebagai Kotama Operasi yang pada dasarnya untuk menjaga pertahanan dan keamanan teritorial laut Republik Indonesia. 

“Bangsa yang besar ialah bangsa yang memiliki armada laut yang kuat. Dalam hal ini, kami (Komisi I DPR RI) akan memperjuangkan berapapun anggarannya. Kami siap membantu terkait anggaran untuk modernisasi alutsita Kormada II Surabaya dan tentu akan disesuaikan dengan baik pula dari sisi Pemerintah itu sendiri,” tutur Anton menutup pernyataannya.  hnm/sf

Komisi I Apresiasi dan Dukung Upaya Lantamal VI Capai MEF

Anggota Komisi I DPR RI Sjarifuddin Hasan. Foto: Fitri/Man

Upaya Lantamal VI dalam melakukan modernisasi alutsista TNI guna mencapai Minimum Essential Force (MEF) mendapat apresiasi dan dukungan Komisi I DPR RI. Modernisasi tersebut dinilai akan memberi dampak positif bagi matra laut dalam mengemban tugasnya. 

“Komisi I DPR memberikan apresiasi kepada Komandan Pangkalan Utama TNI-AL (Danlantamal) VI Makassar beserta jajarannya terkait rencana modernisasi alutsista pada satuan jajaran Lantamal VI Makassar beserta harwat dan dukungan anggarannya,” kata Anggota Komisi I DPR RI Sjarifuddin Hasan saat memimpin Tim Kunjungan Spesifik Komisi I DPR ke Lantamal VI Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (16/9).  

Menurut Sjarifuddin, alokasi anggaran yang memadai memiliki peran penting agar operasional TNI khsususnya satuan Lantamal VI Makassar dapat berjalan maskimal. Ia pun berharap satuan yang dipimpin oleh Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari itu dapat memprioritaskan berbagai hal yang menjadi kebutuhan. 

Sjarifuddin memastikan DPR RI berkomitmen untuk memberi dukungan melalui kebijakan dan dukungan politik anggaran. “Komisi I telah membentuk Panja Alutsista dan Panja Pemenuhan Kesejahteraan Prajurit. Muara dari kedua Panja tersebut adalah penguatan TNI dalam mengemban tugas dan fungsi melalui ketersediaan alutsista yang ideal dan pemenuhan kesejahteraan prajurit,” tutup Wakil Ketua MPR RI itu.  srw/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)