Komisi I Dorong Peningkatan Pengamanan Wilayah Lanud I Gusti Ngurah Rai

Foto bersama Tim Kunspek Komisi I DPR RI bersama Danlanud I Gusti Ngurah Rai beserta jajarannya. Foto: Hanum/nvl

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis mendorong peningkatan pengamanan wilayah Pangkalan Udara (Lanud) I Gusti Ngurah Rai, Bali. Menurutnya, pengamanan wilayah Lanud Ngurah Rai perlu ditingkatkan agar siap dalam mengamankan berbagai potensi ancaman yang yang akan datang. Pasalnya Lanud I Gusti Ngurah Rai ini menjadi salah satu pintu masuk wilayah Indonesia. 

“Komisi I DPR RI mengadakan Kunjungan Kerja ke Lanud I Gusti Ngurah Rai ini untuk melihat dari jarak dekat bagaimana kondisi Lanud ini sebenarnya. Karena Lanud I Gusti Ngurah Rai juga merupakan pintu masuk tamu-tamu yang akan datang ke Indonesia, di samping Jakarta,”jelas Kharis usai pertemuan dengan Danlanud I Gusti Ngurah Rai beserta jajarannya di Kabupaten Badung, Bali, Senin (21/6).

Karena itu, politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) tersebut ingin memastikan agar Lanud I Gusti Ngurah Rai bisa memberikan keamanan, khususnya dalam menjaga keamanan wisatawan asing maupun domestik yang akan berkunjung ke Bali. Namun di samping itu, ia juga menjelaskan bahwa kunjungan ini juga menjadi penting karena dalam rangka Panja Alutsista TNI mengamati kondisi alutsista di Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Sebagai informasi, Komisi I DPR RI telah membentuk Panja Alutsista TNI dan Panja Kesejahteraan Prajurit. Muara dari kedua Panja tersebut adalah untuk penguatan TNI dalam mengemban tugas dan fungsi melalui ketersediaan alutsista yang ideal dan pemenuhan kesejahteraan prajurit. Panja Alutsista Komisi I DPR RI akan melakukan kajian dan pendalaman terhadap pengadaan alutsista yang diajukan Kementerian Pertahanan/TNI.

“Di (Lanud I Gusti Ngurah Rai) sini tidak banyak alutsistanya. Namun kita lebih memberikan masukan untuk membantu pengamanan. Setelah kita (Komisi I DPR RI) lihat, saya kira secara jumlah personel Lanud Ngurah Rai sudah mencukupi, kalaupun bisa dimaksimalkan pasti akan lebih baik lagi,” jelas Kharis lebih lanjut. 

Untuk itu, Kharis berharap agar peralatan dan keperluan lainnya yang berkaitan dengan pengamanan wilayah Lanud I Gusti Ngurah Rai harus dapat dimaksimalkan dan ditingkatkan guna mendukung pengamanan Bandara I Gusti Ngurah Rai maupun wilayah sekitar yang masuk dalam wilayah pengamanan Lanud I Gusti Ngurah Rai.   hnm/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)