KIT Batang Buka Peluang Besar Pendapatan Negara dan Lokal

Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti saat foto bersama usai Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke KITB, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Senin (10/10). Foto: SAM/PDT 
Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti saat foto bersama usai Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke KITB, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Senin (10/10). Foto: SAM/PDT

Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti berharap pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) bisa menggerakkan roda ekonomi negara maupun masyarakat, khususnya di Kabupaten Batang. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan, ia ingin KITB juga membuka potensi lapangan kerja di Indonesia yang lebih besar.

“Kita datang ke sini untuk mendukung kawasan ini. Di mana targetnya ini bisa memberikan pendapatan kepada pemerintah nasional, anggaran nasional dan juga kepada daerah lokal dan mempekerjakan sebanyak banyaknya untuk para pekerja di Indonesia, sehingga bisnis yang akan terbentuk ini bisa menyokong perekonomian yang ada,” ucap Novita kepada Parlementaria usai di sela-sela Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI ke KITB, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah, Senin (10/10).

Politisi Fraksi Partai Gerindra DPR RI itu mengakui bahwa mewujudkan KITB menjadi nyata bukan perkara mudah. Walaupun begitu, ia mengapresiasi sekaligus akan konsisten mengawasi pembangunan tahap I KITB seluas 450 hektar, dari total luas lahan sebesar lebih dari 4000 hektar.

“Dengan nilai investasi sementara ini adalah Rp3,1 triliun lebih, Kita akan melihat hasilnya nanti dalam 3 tahun ini, apakah sudah bisa kembali. Semoga ini bisa berjalan dengan lancar dan kita akan memantau progresnya terus sampai nanti ini selesai,” tandas Legislator Dapil Jawa Tengah VIII itu.

Sebagai informasi, berdasarkan Perpres Nomor 106 Tahun 2022, KITB telah menyelesaikan pembangunan tahap I. Di antaranya, KITB telah melaksanakan kegiatan pembangunan jalan kawasan; suplesi air baku dan drainase utama klaster I; SPAM, SPAL, dan persampahan; dan rumah susun yang terdiri dari 7 menara. •ts,rgt/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)