Ketua BURT: Biro Pemberitaan Diharapkan Menjadi Satu-Satunya Sumber Berita Parlemen

 
Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso. Foto: Runi/nvl

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mendorong Biro Pemberitaan Parlemen Sekretariat Jenderal DPR RI untuk terus berbenah diri dalam mendukung visi dan misi DPR RI yang menjadi lembaga perwakilan yang modern, terbuka, aspiratif dan berintegritas sebagai pilar demokrasi untuk mewujudkan tujuan bernegara. 

“Kita diharapkan menjadi satu-satunya sumber berita parlemen, ini pun juga sudah pernah kita bicarakan di dalam rapat-rapat BURT bahwa seperti di beberapa negara itu kalau media-media swasta maupun pemerintah negara itu ingin mendapatkan berita mengenai parlemen harus mengambil dari TV Parlemen di sana, sehingga dengan demikian itu bisa memberikan tone yang baik,” kata Agung saat memberikan arahan dalam Forum Group Discussion (FGD) Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR di Senayan, Jakarta, Selasa (22/2). 

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, bahwa di dalam DPR ini ada 9 fraksi (perwakilan partai politik) dengan 9 suara yang berbeda. Hal ini tentu menjadi suatu kesulitan bagi Biro Pemberitaan Parlemen Setjen DPR RI untuk menyampaikan suara dari masing-masing fraksi karena harus dapat mengakomodir seluruhnya, bahkan dari masing-masing Anggota DPR RI yang memiliki cara pandang yang berbeda. 

“Ini yang menjadi unik di lembaga DPR, namun hal ini yang juga menjadi kesulitan bagi jajaran TV Parlemen dan Medtaksos (Media Cetak dan Media Sosial) untuk memberikan respon secara cepat karena tidak memiliki kewenangan. Kendala lainnya juga karena Pemberitaan Parlemen belum memiliki bentuk yang jelas. Tentunya dengan program News Room ini kita ingin ada satu metode baru lagi bisa lebih efektif,” pungkas Agung. 

Dalam acara ini hadir Wakil Ketua BURT DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah dan sejumlah pejabat Setjen DPR RI, di antaranya Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Deputi Bidang Persidangan Damayanti, Kepala Biro Pemberitaan Indra Pahlevi, serta sejumlah pegawai di lingkungan Setjen DPR RI. FGD juga menghadirkan sejumlah narasumber di bidang komunikasi dan media. •ais/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)