Kemajuan BSSN Perlu Dukungan Anggaran dari Pemerintah

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid saat memimpin Kunspek Komisi I DPR RI ke Kantor BSSN. Foto: RUNI/NVL
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid saat memimpin Kunspek Komisi I DPR RI ke Kantor BSSN. Foto: RUNI/NVL

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid mengatakan, untuk kemajuan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), perlu adanya dukungan terhadap kemuktahiran alat serta kemampuan untuk mampu memonitoring anomali traffic di ruang siber. Kecerdasan alat dengan teknologi terbarukan sangat penting untuk meng-update kemampuan mendeteksi serangan-serangan tersebut. Guna mendukung semua itu, perlu adanya dorongan dalam peningkatan anggaran. Komisi I DPR RI berharap adanya political will dari pemerintah. 

“Kita berharap dengan adanya political will dari pemerintah, (anggaran) daripada BSSN bisa ditingkatkan. Agar kemajuan teknologi dan kemampuan negara dalam mendeteksi serangan-serangan bisa jauh lebih baik dari hari ini,” kata Meutya usai memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I DPR RI dalam rangka monitoring program penanganan siber menghadapi  Pilpres dan Pileg tahun 2024, di Kantor BSSN, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/9).

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, dalam kurun waktu satu minggu hingga dua minggu ke belakang, Komisi I DPR RI telah membaca di media massa banyak sekali seranganserangan yang ditujukan kepada lembaga, kementerian maupun perusahan terkait perlindungan data. Untuk itu Komisi I hadir guna melihat sejauh mana peran BSSN dalam mengamankan data-data pasalnya perlindungan data menjadi sangat penting.

“Kita melihat bagaimana peran BSSN bisa bekerja secara efektif dan efesien untuk menjaga, sekaligus mengawal deteksi-deteksi awal terhadap serangan-serangan yang terjadi. Agar lembaga, kementerian maupun perusahaan bisa mengantisipasi, meminimalisir serangan yang masuk,” pungkas legislator daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara I itu. •rni/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)