Kasus Covid-19 Meningkat, Komisi IX Dukung Pemerintah Percepat Vaksinasi di Jambi

Foto bersama Tim Kunspek Komisi IX DPR RI dengan jajaran Pemerintah Provinsi Jambi dan mitra kerja terkait. Foto: Aisyah/nvl

Ketua Komisi IX DPR RI Felly Esthelita Runtuwene menyampaikan keprihatinannya atas meningkatnya kasus Covid-19 pascalibur Lebaran 2021. Ia mengatakan hal ini menjadi pengingat untuk seluruh masyarakat agar lebih disiplin dalan menjalankan protokol kesehatan. Adanya varian Delta dari India yang disinyalir menjadi faktor kasus Covid-19, dan pelonjakan 302 persen kasus di Jakarta dalam beberapa hari terakhir, juga turut menjadi pengingat bagi Pemerintah Provinsi Jambi agar kejadian yang sama tidak terjadi di Jambi. 

Hal tersebut disampaikan Felly dalam pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI dengan Gubernur Jambi, serta seluruh stakeholder di Kantor Gubernur Jambi, Kamis (17/6). Ia menyatakan bahwa Komisi IX DPR RI mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk melakukan percepatan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu cara untuk mengendalikan pandemi selain melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. 

“Presiden telah menginstruksikan untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 dengan target 1 juta vaksinasi setiap hari mulai bulan Juli. Tentunya kami (Komisi IX DPR RI) mendukung instruksi ini walaupun percepatan vaksinasi sangat dipengaruhi oleh suplai dan distribusi vaksin,” terang politisi Fraksi Partai NasDem tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Pejabat (Pj) Gubernur Jambi Hari Nur Cahya Murni menyampaikan bahwa Jambi telah melakukan gerakan serempak sepekan vaksinasi se-Provinsi Jambi yang menurut data cepat telah memperoleh kemajuan 8,44 persen kenaikan vaksinasi untuk khusus lansia. Menurutnya, ini salah satu upaya yang sangat spektakuler karena baru Jambi yang melakukannya secara serempak seluruh kabupaten kota. 

“Kami laporkan bahwa kita launching untuk vaksinasi lansia di Provinsi Jambi sejak tanggal 14 Januari sampai dengan 7 Juni 2021, itu sasaran kita baru 7,6 persen selama 5 bulan. Tetapi, kemudian kita serempak seluruh bupati dan wali kota se-Provinsi Jambi launcing di dua tempat, yaitu di Kota Jambi dan di Muaro Bungo. Alhamdulillah dalam waktu tujuh hari mengalami kenaikan (persentase vaksinasi), jelasnya. 

Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI ke Provinsi Jambi ini turut dihadiri sejumlah Anggota Komisi IX DPR RI lain di antaranya, Muchamad Nabil Haroen dan dan Edy Wuryanto dari F-PDI Perjuangan, Delia Pratiwi Sitepu (F-Golkar), H.A.R. Sutan Adil Hendra dan Ruskati Ali Baal dari F-Gerindra, Nurhadi (F-NasDem), Nur Yasin (F-PKB), Zulfikar Achmad (F-Demokrat), serta Alifuddin (F-PKS).  ais/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)