Jadi Agenda Strategis Nasional, DPR Dukung Pembangunan Ibu Kota Nusantara

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. Foto: JAKA/NVL

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyatakan DPR RI memberikan dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Sebagai bagian dari agenda strategis nasional, tidak hanya sebagai simbol identitas nasional, ia berharap IKN turut menjadi pusaran penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.

“Kami, DPR RI, memberikan dukungan untuk pembangunan Ibu Kota Negara. Kami pun berharap Ibu Kota Negara, Nusantara, diharapkan menjadi penggerak ekonomi Indonesia di masa depan, menjadi simbol identitas nasional, dan menjadi kota dunia ideal yang dapat menjadi acuan dunia,” tutur Puan saat menyampaikan pidato pada Sidang Bersama DPR RI-DPD RI di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8).

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, dirinya menekankan IKN telah menjadi amanat yang akan dilaksanakan sesuai dengan peta jalan, tahapan pembangunan, pemindahan, dan penyelenggaraan pemerintah daerah khusus. Sehingga, ia menegaskan agar seluruh pemangku kepentingan dan seluruh anak bangsa turut mendukung terciptanya IKN.

Selain itu, Puan menjelaskan harus diperkuat dengan sokongan perencanaan hingga manajemen sumber daya yang baik. Tanpanya, IKN tidak akan bisa menjadi pendorong pemerataan pembangunan nasional. “Agar dapat selaras dalam memaknai Ibu Kota Negara, sebagai agenda kita bersama, IKN dapat membangun ekonomi Indonesia masa depan dan (menjadi) momentum dalam melaksanakan paradigma pemerataan pembangunan nasional,” tandas politisi PDIPerjuangan tersebut. •ts/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)