Izin Pemanfaatan Taman Nasional Bunaken Harus Segera Diselesaikan

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat memimpin kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke TN Bunaken, Sulawesi Utara, Senin (10/10). Foto: PRIMA/PDT
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat memimpin kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke TN Bunaken, Sulawesi Utara, Senin (10/10). Foto: PRIMA/PDT

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan segala macam perizinan yang berkaitan dengan pemanfaatan Taman Nasional (TN) Bunaken di Sulawesi Utara. Pasalnya ketidakjelasan perizinan ini dapat mengancam industri pariwisata itu sendiri serta kelestarian dari terumbu karang yang ada di Taman Nasional tersebut.

Oleh karena itu Sudin meminta seluruh pemangku kepentingan terkait segera menyusun aturan jelas serta mencari solusi demi keberlangsungan pariwisata di TN Bunaken. “Nanti sambil berjalan sambil diurus segala macam perizinan dan lain sebagainya. Sebab Bunaken ini kan milik kita bersama,” ujar Sudin saat memimpin kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke TN Bunaken, Sulawesi Utara, Senin (10/10).

Termasuk menjaga Bunaken dari pencemaran sampah. Sudin mencontohkan seperti pencemaran dari sampah cair rumah tangga di TN tersebut yang belum memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). “Maka saya minta satu paket pada anggaran 2023 disediakan di Bunaken ini,” sebut Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Sudin pun menambahkan sebagai salah satu upaya untuk mempercepat penyelesaian masalah aturan tersebut, DPR sebagai mitra dari pemerintah akan segera mengagendakan rapat kerja. Dimana pihaknya akan membahas masalah terkait, agar segera ditemukan jalan keluar yang menjadi kesepakatan bersama.

“Terkait masalah perizinan dan lain sebagainya di Bunaken ini bersama dicarikan solusi terbaik, kita akan agendakan rapat kerja kita harus cari win-win solution agar rakyat tidak dirugikan, negara tidak dirugikan dan undang undang peraturan tidak boleh dilanggar,” ucap Sudin.

Tak hanya soal penerapan aturan, Legislator Dapil Lampung I ini berharap adanya kesadaran dari para pelaku usaha yang ada di wilayah TN Bunaken. Supaya dapat memberikan edukasi kepada para wisatawan yang datang dalam upaya menjaga kelestarian TN Bunaken. “Harus ada sosialisasi dan edukasi kepada pelaku pelaku usaha di bunaken untuk para wisatawan untuk tidak boleh menginjak terumbu karang dan membantu melestarikan terumbu karang agar laut disekitar semakin indah dan lestari kedepannya,” pungkas Sudin. •pdt/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)