Investasi Menyebar ke Luar Jawa, Komisi VI Apresiasi Kinerja Kementerian Investasi

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji. Foto: KRESNO/NVL
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji. Foto: KRESNO/NVL

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Sarmuji mengapresiasi kinerja Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Hal yang diapresiasi adalah laporan keuangan Kementerian Investasi/BKPM yang dinilai baik, karena cukup lengkap disertai dampak keuangan terhadap peningkatan kinerja kementerian secara keseluruhan. Sehingga Komisi VI DPR RI dapat memahami secara menyeluruh kinerja Kementerian Investasi/BKPM.

“Sekurang-kurangnya capaian kinerjanya terpapar di (laporan keuangan) sini dan capaian kinerjanya dicapai dalam masa yang tidak mudah menurut saya, masa pandemi, masa turbulensi perekonomian global, tetapi Indonesia ada kenaikan investasi yang sangat signifikan,” paparnya dalam Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia beserta jajaran, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8).

Kemudian, adanya pergeseran arah investasi dari Jawa ke luar Jawa juga merupakan hal yang patut diapresiasi. Sebab, menurutnya hal tersebut sebenarnya tidak mudah dilakukan. “Mengajak orang untuk berinvestasi ke luar jawa itu sama sekali tidak mudah, karena kendala infrastruktur, kendala pendidikan, tenaga kerja, kendala jarak yang jauh dikoordinasikan dari pusat pemerintahan dan lain sebagainya,” jelas Sarmuji.

Lebih lanjut politisi Partai Golkar itu berharap ke depan, perkembangan investasi akan lebih menggembirakan lagi. Untuk itu, Kementerian Investasi diharapkan tidak hanya memperhatikan Penanaman Modal Asing (PMA), saja namun juga Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Sarmuji menilai PMA memang penting namun, PMDN juga merupakan bagian yang tak terpisahkan yang juga harus mendapat perhatian.

“Tentu yang kita perhatikan bukan hanya PMA, tapi PMDN juga harus kita perhatikan memberikan kemudahan, menstimulir orang Indonesia untuk mau berinvestasi, berbudaya investasi itu juga penting. Saya meyakini sebenarnya uang orang Indonesia itu banyak, PMDN juga penting untuk kita perhatikan,” tegas Sarmuji. •bia/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)