Harus Ada Insentif Khusus untuk Daerah Berbasis Ekonomi Biru

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera. Foto: SSB/PDT
Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera. Foto: SSB/PDT

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera mengungkapkan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan daerah yang luar biasa, karena terdiri dari 577 pulau, dengan 80 persen wilayahnya lautan. Mardani pun melihat potensi laut yang dimiliki Babel. Ia menjelaskan tentang blue economy alias ekonomi biru, yakni pembangunan ekonomi yang berbasis lautan, Mardani pun mengusulkan agar daerah berbasis ekonomi biru diberikan insentif secara khusus. 

“Termasuk ada insentif khusus mestinya untuk daerah-daerah yang berbasis blue economy bisa kita kembangkan. Contohnya karena kita di daerah tropis, maka sangat cocok sekali dengan rumput laut atau peternakan di pesisir dan perikanan di pesisir. Nah ini multiplier effect-nya akan besar sekali,” papar Mardani saat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI ke Babel, Kamis (22/9).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengungkapkan, karena kondisinya 80 persen lautan, dana alokasi daerahnya juga basisnya diperuntukkan untuk daratan dan jumlah penduduk, sehingga ada ketidakadilan. Menurut Mardani, penting sekali mendudukkan persoalan provinsi kepulauan punya peluang besar untuk berkembang ketika kerangka untuk bekerja diberikan kesempatan. 

Mardani mengusulkan agar ke depan ada aturan yang memberikan perhatian khusus bagi daerah kepulauan. “Ternyata ada lubang (masalah) di sini. Temanteman ATR-BPN punya keterbasan dalam mengelola laut, karena dia cuma pesisir masih bisa setelah itu kita tidak punya perangkat hukum yang bisa menjangkau,” ungkap Mardani lebih lanjut. •ssb/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)