Eva Stevany Dukung Perpustakaan Digital Berbasis Inklusi Sosial

Anggota Komisi X DPR RI Eva Stevany Rataba. Foto: DEVI/NVL
Anggota Komisi X DPR RI Eva Stevany Rataba. Foto: DEVI/NVL

Anggota Komisi X DPR RI Eva Stevany Rataba mendukung implementasi perpustakaan digital berbasis inklusi sosial. Hal tersebut menjadi penting, sebab perpustakaan digital ini belum dirasakan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) karena terbatasnya sarana dan prasarana (sarpras).

“Padahal, masyarakat di daerah 3T ini ini memiliki kerinduan atau antusias yang luar biasa semangat yang ingin membaca dan ingin mengetahui perkembangan terkini yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri,” ujar Eva dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI beserta jajaran, membahas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat APBN TA 2021 di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Kamis (25/8).

Maka dari itu, politisi Partai NasDem ini berharap Perpusnas meningkatkan kerja sama dengan kementerian terkait dalam pengadaan jaringan dan perangkat komputer. Dengan adanya fasilitas tersebut, diharapkan masyarakat terpacu menjadi Gemar Membaca.

“(Selain itu juga) memudahkan dalam mengakses pengetahuan dan juga keterampilan yang dapat menjadi peluang usaha mandiri inovatif dan berdaya saing yang dimiliki oleh masyarakat yang ada di daerah kegiatan,” lanjut legislator dapil Sulawesi Selatan III itu.

Dirinya mengaku, ketika mengunjungi dapilnya, Eva mendapat banyak masukan terkait dengan bantuan buku bacaan dan buku bergambar. Terlebih, hal tersebut juga sejalan dengan pidato Presiden Joko Widodo pada saat Sidang Tahunan pada 16 Agustus 2022 terkait penguatan pendidikan karakter yang menjadi pintu masuk pembenahan pendidikan nasional.

“Salah satunya penguatan kualitas layanan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), kehadiran Perpusnas di (dapil) sini saya rasa sangat penting. Minimal bisa memfasilitasi buku bacaan buku bergambar untuk anakanak usia dini untuk mengasah motorik halus yang sangat perlu dilatih saat anak-anak masuk di jenjang PAUD,” harap Eva kepada Perpusnas RI. •hal/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)