Dukung PON XX 2021, Komisi IX Tinjau Distribusi Vaksin Covid-19 di Papua

 
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena saat memimpin Tim Kunspek Komisi IX DPR RI meninjau distribusi vaksin Covid-19 do Papua. Foto: Arief/Man

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena memastikan Komisi ix DPR RI memberikan dukungan optimal kepada pemerintah pusat dan pemda di Papua yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga (PON) XX Papua 2021. Ia menegaskan, dari aspek kesehatan yang paling pertama adalah suksesnya vaksinasi Covid-19 serta berbagai dukungan kesehatan yang dibutuhkan panitia dan kontingen. 

“Jika melihat perkembangan dari Dinkes Papua secara umum sudah bagus dari persiapan aspek kesehatan. Tentu ada beberapa hal yang harus dibenahi. Kami akan terus mendorong agar pemda bisa didukung oleh Kemenkes dan semua yang bisa membantu khususnya untuk menyukseskan PON di tanah Papua,” kata Melki usai pertemuan Tim Kunspek Komisi IX DPR RI dengan Ditjen Kemenkes RI, BPOM Provinsi Papua, Kadis Kesehatan Provinsi Papua, di Jayapura, Papua, Jumat (17/9). 

Melki menerangkan, terkait pendistribusian vaksinasi di Papua, ada beberapa parameter yang harus diperbaiki. Parameter tersebut seperti bagaimana ketersediaan vaksin dari pusat ke tingkat provinsi, Kabupaten/kota. Masih butuh kerja ekstra agar vaksinasi di tanah Papua berjalan sesuai rencana. 

“Secara geografis, di Papua ini tidak mudah. Jika melihat pemetaan, masih butuh kerja ekstra yang kuat dari seluruh komponen untuk mensukseskan persiapan vaksinasi di tanah Papua. Saya berharap momentum PON ini bisa dijadikan percepatan vaksinasi di tanah Papua,” dorong Melki. 

Politisi Fraksi Partai Golkar ini menjelaskan, selain pelaksanaan vaksin, Komisi IX juga ingin memastikan bahwa penanganan pandemi di tanah Papua juga berjalan baik. Sehingga proses pelaksanaan PON dari sebelum sampai pasca pelaksanaan, pandemi di Papua bisa terkendali. 

“Seperti kita ketahui selain pandemi Covid 19, di Papua ada endemik malaria. Kita tidak ingin orang pulang dari tanah Papua justru kena malaria. Ini akan kami bahas agar itu tidak sampai terjadi,” tutur Melki.  afr/es

Legislator Harap Karyawan Kena PHK Diberdayakan Melalui Program Kewirausahaan

 
Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari. Foto: Runi/Man

Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari tak memungkiri dampak dari pandemi Covid-19 sangat luas terhadap roda perekonomian di Indonesia.      Dunia usaha pun terpaksa melakukan berbagai cara untuk bertahan, salah satunya pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada para karyawannya. Putih berharap karyawan yang terkena PHK dapat diberdayakan kembali melalui program kewirausahaan. Program tersebut menurutnya bisa menjadi terobosan atau solusi bagi para pekerja untuk bertahan hidup.

“Saat ini yang pada akhirnya beberapa perusahaan harus melakukan PHK dengan cara terpaksa. Sehingga dalam situasi pandemi saat ini PHK tidak bisa di hindari,” kata Putih usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IX DPR RI dengan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbangut dan Kepala BBPLK Medan di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Medan, Jumat (17/9/2021). 

Di sisi lain, Putih menilai pelindungan kepada pekerja/buruh yang ter-PHK atau dirumahkan saat pandemi Covid-19 di Sumut sudah cukup maksimal dalam memberikan stimulan maupun jaring pengaman sosial untuk para korban PHK. Kendati bantuan yang diberikan pemerintah pusat maupun provinsi belum sebanding dengan jumlah yang ter-PHK di tengah pandemi. 

“Ke depannya masukan-masukan yang kita dapat hari ini dalam pertemuan terkait ketenagakerjaan akan kami diskusikan dalam rapat bersama para mitra kerja terkait. Dengan demikian saya menginginkan para pekerja yang terkena PHK sudah seharusnya mendapatkan kompensasi yang seimbang sebagaimana mana sudah tertera dalam aturan ketenagakerjaan,” harap Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI tersebut.   rni/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)