DPR Setujui Sembilan Nama Ketua dan Anggota BPH Migas Masa Jabatan 2021-2025

Foto bersama Pimpinan DPR RI dan Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas Masa Jabatan 2021 -2025 di hadapan Rapat Paripurna DPR RI. Foto: RUni/Man

Rapat Paripurna  DPR RI menyetujui laporan hasil Uji Kelayakaan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) terhadap Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas Masa Jabatan 2021 -2025 yang telah dilakukan Komisi VII DPR RI. 

“Apakah Rapat Paripurna DPR RI yang terhormat menyetujui laporan Komisi VII  atas hasil Uji Kepatutan dan Kelayakaan (Fit and Proper Test) terhadap Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas?” tanya Wakil Ketua DPR RI Korekku Sufmi Dasco Achmad yang memimpin Rapat Paripurna secara virtual dan fisik serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (15/7). 

Jawaban “setuju” pun disampaikan seluruh Anggota DPR RI, baik yang hadir secara langsung di ruang Rapat Paripurna DPR RI, maupun yang mengikuti secara virtual dari kediaman masing-masing. Disusul dengan ketukan palu oleh pimpinan rapat, menjadi tanda disetujuinya sembilan nama Ketua dan Anggota BPH Migas Masa Jabatan 2021-2025 oleh DPR RI.

Sebelumnya, dilaporkan Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto, bahwa komisi yang dipimpinnya tersebut telah melakukan serangkaian Uji Kelayakaan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) atas 18 nama yang masuk menjadi calon Ketua dan Anggota BPH Migas. Satu nama tidak sempat mengikuti tes karena meninggal dunia. 

Adapun mekanisme Uji Kelayakaan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) calon Ketua dan Anggota Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas Masa Jabatan 2021-2025 yang dilakukan Komisi VII DPR RI dalam pelaksanaannya dibagi atas dua tahap. 

Pertama, pemaparan visi, misi dan program, yang disampaikan oleh seluruh calon, yang dilanjutkan dengan tanya-jawab oleh Anggota Komisi VII DPR RI dan seluruh calon. Kedua, Rapat Intern Komisi VII DPR RI Berdasarkan hasil Uji Kelayakaan dan Kepatutan (Fit and Proper Test), yang dilakukan melalui mekanisme Musyawarah Mufakat. 

“Dari sana disepakati sembilan orang Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas 2021-2025, yakni Erika Retnowati sebagai Ketua BPH Migas masa jabatan 2021-2025,” ujar politisi dari Fraksi Partai NasDem tersebut. 

Sementara delapan Anggota Komite BPH Migas Masa Jabatan 2021-2025 sebagai berikut Abdul Halim, Basuki Trikora Putra, Eman Salman Arief, Harya Adityawarman, lwan Prasetya Adhi, Saleh Abdurrahman, Wahyudi Anas, dan Yapit Sapta Putra. Sugeng berharap Presiden dapat segera menetapkan kesembilan nama-nama Ketua dan Anggota BPH Migas yang telah disetujui oleh DPR RI tersebut, agar semuanya dapat langsung bekerja dan menjalankan tugas-tugasnya dengan sebaik-baiknya.  ayu/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)