Dorong Percepatan Infrastruktur Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw saat memimpin Tim Kunker Reses Komisi V mengunjungi Kantor Gubernur Jabar, di Bandung, Senin (10/10). Foto: JKA/PDT
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw saat memimpin Tim Kunker Reses Komisi V mengunjungi Kantor Gubernur Jabar, di Bandung, Senin (10/10). Foto: JKA/PDT

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw mendorong percepatan infrastruktur serta transportasi di Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. Sebelumnya, Komisi V telah menerima surat dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ciamis agar revitalisasi Stasiun Ciamis dan Pemda Kabupaten Tasikmalaya untuk rehabilitasi Jembatan Fly Over KM 256 di Desa Manggungsari.

“Tentu tadi juga ada usulan tambahan dari pemda untuk pembangunan infrastruktur tambahan lain seperti pembangunan jembatan, relokasi pasar dan jalan tol. Untuk itu saya kira akan menjadi perhatian kita kedepan, agar di dalam rapat Komisi V kami akan membawa aspirasi ini menjadi jawaban yang konkret untuk percepatan pembangunan di daerah Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis,” ujar Roberth saat memimpin Tim Kunker Reses Komisi V mengunjungi Kantor Gubernur Jabar, di Bandung, Senin (10/10).

Selain itu, Politisi F-Nasdem ini mengatakan, di Jawa Barat ini ada 32 Program Strategis Nasional (PSN), pihaknya meminta pemerintah pusat untuk segera bisa menyelesaikan proyek-proyek itu sesuai dengan target apa yang telah direncanakan.

“Kita lihat sekarang ini ada 3 waduk yang harus diselesaikan untuk menangani banjir di Jakarta, rencananya 2 waduk akan dibangun di daerah Bogor. Ini harus segera selesai, karena kalau sudah bisa difungsikan itu saya kira bisa mengurangi dampak banjir di Jakarta. Melalui Pemda di Jabar ini memang telah menjadi perhatian mereka juga untuk dapat memberikan sumbangsih terhadap penanganan banjir di Jakarta,” terang Roberth.

Legislator Dapil Papua ini meminta, agar pemerintah memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat sekitar dalam setiap proyek strategis nasional (PSN) yang dibangun. Misalnya, seperti pembangunan jalan tol yang mengakibatkan rumah makan dan toko-toko lainnya menjadi tidak laku karena sudah tidak dilewati lagi oleh para pengendara.

“Kondisi seperti ini juga perlu kita perhatikan, jangan sampai malah mengakibatkan ekonomi masyarakat di daerah itu hampir hilang. Saya kira ini perlu menjadi perhatian kita bersama dan pemerintah harus ada langkah-langkah untuk mengatasi hal itu, masyarakat yang biasa berdagang dengan adanya jalan tol justru masyarakat jadi tidak bisa berdagang,” tutupnya. •jka/aha

AGAR PEMERINTAH MEMPERHATIKAN KONDISI EKONOMI MASYARAKAT SEKITAR DALAM SETIAP PROYEK STRATEGIS NASIONAL (PSN) YANG DIBANGUN.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)