DAS Kawasan Menoreh Dapat Menjadi ‘Role Model’ Kawasan Hutan Lain

Anggota Komisi IV DPR RI Djarot Saiful Hidayat saat memimpin Komisi IV DPR RI ke DIY. Foto: Arief/nvl

Anggota Komisi IV DPR RI Djarot Saiful Hidayat mengatakan kawasan hutan merupakan sumber daya alam bagi kepentingan pembangunan sektor kehutanan dan sektor di luar kehutanan. Oleh karena itu pengawasan kawasan hutan terhadap penanaman dan upaya pelestarian rehabilitasi daearah aliran sungai (DAS) menggunakan tanaman yang produktif yang berada di Kawasan Perbukitan Menoreh di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bisa di jadikan role model bagi kawasan hutan lainnya. 

Demikian dikatakan Djarot saat memimpin kunspek Komisi IV DPR RI di Perbukitan Menoreh, Kulon Progo, DIY, Jumat (4/2). 

“Penanaman atau pemeliharaan lingkungan di sekitar daerah aliran sungai yang merupakan kewajiban dari pemegang izin pertambangan dan penggunaan kawasan hutan yang diberikan oleh kementerian ini bisa dijadikan role model, bahwa kelestarian rehabilitasi DAS itu bisa menggunakan tanaman yang produktif. Sehingga ke depannya bisa menjadi agroforestri jadi tanaman-tanaman yang produktif,” jelas Djarot. 

Usai meninjau lokasi rehabilitasi DAS, Djarot menilai tanaman produktifnya cukup bagus. Ke depan rehabilitasi DAS dapat terus dikembangakan. Jadi varietas unggulan kita di masing-masing daerah itu juga menjadi perhatian untuk dikembangkan,” pesan legislator PDI Perjuangan itu. •afr/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)