BUMDes Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Desa

 
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie saat meninjau BUMDes Maju Sejahtera Desa Balingbing di Subang, Jabar. Foto: Anne/Nvl

Wakil Ketua Komisi V DPR RI  Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan, kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan mampu  berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa dan mengurangi ketimpangan pendapatan antara desa dan kota.  

Saat meninjau BUMDes Maju Sejahtera Desa Balingbing, Subang, Jawa Barat, Syarief memberikan apresiasi kepada Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), aparat Desa Balingbing, pengurus BUMDes, dan masyarakat dalam upaya memajukan BUMDes sebagai langkah restorasi untuk memperkuat kemandirian dan pengembangan ekonomi masyarakat di Desa Balingbing. 

“Kami melihat BUMDes Maju Sejahtera Desa Balingbing sudah berjalan cukup baik. Tadi kita lihat langsung  di sekeliling desa ini mulai maju, tinggal bagaimana regulasi dan penyuluhan SDM-nya agar bisa menguasai pengetahuan akan produk-produknya,” kata Syarief di Subang, Jabar, Kamis (25/3).

Agar pengelolaan BUMDes bisa berkembang, politisi NasDem ini juga meminta Kemendes PDTT untuk aktif memberikan bimbingan teknis administrasi bagi perangkat desa, agar pengelolaan dana desa lebih tepat sasaran.  Ia menambahkan BUMDes kerap kali kesulitan menjual produknya karena terkendala masalah promosi. 

Karenanya, dia mendorong BUMDes memaksimalkan pemanfaatan sosial media sebagai sarana pemasaran. “Membangun SDM yang berkualitas merupakan pekerjaan yang harus dilakukan pemerintah, agar BUMDes benar-benar menjadi motor penggerak perekonomian di desa,” terang legislator dapil Kalbar I itu. 

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI Sukamto menilai keberadaan BUMDes bisa mengurangi arus urbanisasi maupun transmigrasi. Menurutnya, jika dibandingkan program transmigrasi, pemerintah sebaiknya memaksimalkan potensi daerah-daerah yang selama ini belum tersentuh. Politisi F-PKB itu mendorong setiap desa nantinya memiliki BUMDes, sehingga setiap desa memiliki potensi ekonomi baru dan menjadi mandiri. 

“Transmigrasi itu hanya seolah memindahkan kemiskinan dari satu tempat ke tempat yang lain. Daripada masyarakat ditransmigrasikan, karena biaya transmigrasi cukup tinggi, lebih baik dialihkan ke  BUMDes-BUMDes. Saya yakin akan terjadi pertumbuhan ekonomi di masyarakat,” imbuh legislator DIY itu.  ann/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)