BKSAP DPR Komitmen Dukung Penuh Ekonomi Digital

 
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon. Foto: Puntho/nvl

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menyatakan BKSAP DPR RI dan Pemerintah Indonesia berkomitmen mendukung penuh perkembangan ekonomi digital di Indonesia dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19. Salah satu strateginya adalah dengan mendorong transformasi digital melalui dukungan legislasi dan kebijakan regulasi.

Di antaranya pengesahan UndangUndang Omnibus Law Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dan penyusunan kerangka pengembangan ekonomi digital nasional 2021. Demikian disampaikan Fadli usai memimpin delegasi BKSAP DPR RI dalam forum ‘The 13th Meeting of AIPA Caucus’ yang digelar secara fisik dan virtual meeting di Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (7/6).

“Tantangan global memaksa Indonesia menerapkan berbagai strategi mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19. Salah satu strateginya mendorong transformasi digital. Ekonomi digital diharapkan menjadi mesin pertumbuhan baru Indonesia, maka diperlukan regulasi yang tepat terutama mendorong produktivitas dan efisiensi serta meningkatkan diversifikasi dan daya saing di semua segmen ekonomi,” ujar Fadli.

Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan UU Cipta Kerja dan penyusunan kerangka pengembangan ekonomi digital nasional 2021 tersebut mengatur upaya pengembangan ekonomi digital. Antara lain melalui pengaturan perluasan pembangunan infrastruktur pita lebar, penetapan batas tarif atas dan atau bawah untuk melindungi kepentingan umum dan persaingan usaha yang sehat serta kerja sama penggunaan teknologi baru.

Tak hanya itu, Fadli menuturkan UU tersebut juga mengamanatkan pemerintah pusat dan daerah memfasilitasi kemudahan investasi dalam infrastruktur digital untuk menciptakan inklusi digital dan memastikan setiap orang memiliki akses terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan ada juga UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mengatur transaksi elektronik dan teknologi informasi secara umum.

“Selain itu, Pemerintah Indonesia telah meluncurkan program turunan UU Indonesia Digital Roadmap 2021- 2024 yang terdiri dari empat elemen yaitu infrastruktur digital, tata kelola digital, masyarakat digital, dan ekonomi digital. UU Keamanan Siber dan RUU Perlindungan Data Pribadi saat ini sedang dibahas di DPR dan diharapkan segera disahkan. Perkembangan ekonomi digital di Indonesia telah menunjukkan tren yang positif dan sejalan dengan peningkatan investasi,” pungkas Fadli. •pun/aha

TANTANGAN GLOBAL MEMAKSA INDONESIA MENERAPKAN BERBAGAI STRATEGI MEMPERCEPAT PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL PASCA PANDEMI COVID-19. SALAH SATU STRATEGINYA MENDORONG TRANSFORMASI DIGITAL.”

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)