BKSAP: Diplomasi Membangun Jembatan untuk Kemajuan Pendidikan

Pimpinan dan Anggota BKSAP DPR RI saat mengikuti BKSAP Day di Universitas Pamulang (Unpam). Foto: Singgih/nvl

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menyelanggarakan kegiatan BKSAP Day yang bertemakan “Optimalisasi Peran Parlemen dalam Diplomasi Soft Power melalui Dunia Pendidikan” di Universitas Pamulang (Unpam), Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Jumat (3/12). 

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera menyampaikan bahwa tujuan BKSAP Day hendak mendekatkan DPR RI dengan kampus, khususnya topik yang secara umum dibahas dalam Sustainable Development Goals (SDGs), terkait mencapai 17 poin yang ada di dalam SDGs. 

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, selain memperkuat sinergi parlemen dan kalangan akademis, tujuan kegiatan ini juga untuk mendorong gagasan-gagasan brilian dalam konteks penguatan diplomasi total Indonesia, khususnya dengan diplomasi soft power melalui dunia pendidikan. 

“Salah satu tugas kita di BKSAP adalah building the bridge (membangun jembatan) ekonomi, termasuk pendidikan. Oleh karena itu kami berharap kedatangan ke Unpam ini bukan yang pertama dan yang terakhir namun akan kita tindaklanjuti dengan program-program berikutnya,” ungkap Mardani. 

“Ya nanti juga akan kita bantu menyambungkan apa yang diperlukan Unpam dengan universitas-universitas di negara lain. Kita lihat fasilitas di Unpam sudah memadai, dan alangkah indahnya kalua kita bisa membantu menghadirkan speaker-speaker terbaik dari beberapa negara untuk berinteraksi dengan teman-teman di Unpam ini,” tegas legislator dapil DKI Jakarta I tersebut. 

Hal senada juga disampaikan Anggota BKSAP DPR RI Gilang Dhiela Fararez. Menurut politisi PDI-Perjuangan itu, BKSAP menjadi jembatan bagi Unpam untuk bisa menjalin kerja sama dengan universitas-universitas di negara lain, tidak hanya kerja sama dengan kampus-kampus di dalam negeri. 

“Kerja sama ini penting agar bisa membuat UNPAM bisa menjadi lebih bagus lagi dari sisi edukasinya, dan fasilitas ke depannya. Kita kan di BKSAP ada lebih dari seratus group kerja sama bilateral dengan parlemen-perlemen negara lain dan ini akan menjadi tugas diplomasi kita salah satunya membuka akses kampus-kampus di luar negeri agar bisa bekerja sama dengan kampus di Indonesia salah satunya Unpam,” ujarnya. 

Diplomasi Parlemen yang dilakukan BKSAP saat kunjungan kerja ataupun pada saat menghadiri sidang-sidang internasional diharapkan mampu menjadi konektor dan fasilitator antara potensi pendidikan yang dimiliki kampus nasional dengan kampus internasional.  skr/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)