Bimtek Aplikasi E-Sign dan SNIPER Implementasi Parlemen Modern

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Damayanti. Foto: Jaka/nvl

Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal  DPR RI Damayanti menyampaikan program Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi E-Sign dan SNIPER yang diselenggarakan untuk jajaran pejabat dan staf di lingkungan Deputi Bidang Persidangan terdiri dari enam biro merupakan implementasi yang sesuai dengan visi DPR RI menjadi Parlemen Modern dan profesional.  

Terlebih, mengingat ke depannya yang paling merasakan manfaat dari kedua aplikasi tersebut adalah segenap jajaran di Deputi Bidang Persidangan. “Karena, di Deputi ini banyak terdapat produk-produk dokumen persuratan disamping administrasi keuangan,” ujar Maya, sapaan akrabnya usai membuka Bimtek Aplikasi E-Sign dan SNIPER DPR RI, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/10). 

Seperti contohnya, sambung Maya, ia sering meneken penandatanganan surat kunjungan kerja hingga mencapai 2 rim. Begitu juga, jajaran kepala biro yang harus menandatangani surat dapat semakin dimudahkan oleh hadirnya kedua aplikasi E-Sign dan SNIPER ini. Tak hanya itu, melalui kedua aplikasi tersebut, nantinya dapat tracking sejauh mana dokumen-dokumen yang ada.  

Termasuk, tutur Maya, di tengah masih adanya situasi pandemi saat ini, maka bagi jajaran pejabat, staf, kepala bagian Alat Kelengkapan Dewan (AKD) atau Komisi yang Work From Home (WFH) maupun bertugas mendampingi kunjungan kerja Anggota DPR RI bisa melaksanakan tugas secara real time dimanapun dan kapanpun melalui kedua aplikasi tersebut. 

“Jadi, dimanapun dan kapanpun segenap pejabat, khususnya di lingkungan Deputi Bidang Persidangan dapat melaksanakan tugas. Hadirnya kedua aplikasi E-Sign dan SNIPER tersebut semakin mempertegas visi Parlemen Modern yang terbuka serta semakin efektif dan efisien dalam bekerja dan semakin bisa menyajikan data secara digital dengan sebaik-baiknya dan akuntabel,” pungkas Maya.  

Turut hadir dalam sosialisasi ini sejumlah pejabat di lingkungan Setjen DPR RI, di antaranya Kepala Pusat Teknologi Informasi sekaligus Plt. Deputi Administrasi Setjen DPR RI Djaka Dwi Winarko, Plt. Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Djoko Hanggoro, Kepala Bagian Media Cetak dan Media Sosial Irfan, serta segenap pejabat eselon dan staf peserta Bimbingan Teknis Aplikasi E-Sign dan SNIPER Deputi Bidang Persidangan Setjen DPR RI.  pun/sf

"Hadirnya kedua aplikasi E-Sign dan SNIPER tersebut semakin   mempertegas visi Parlemen Modern yang terbuka serta semakin efektif dan efisien dalam bekerja"

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)