Badan Keahlian DPR: Data Akurat, Keputusan Tepat

Foto bersama Wakil Ketua BURT DPR RI, Sekjen DPR RI, Kepala BK DPR RI dan jajaran BP Batam usai mengikuti FGD 'Pusat Data Analitik'. Foto: Husen/nvl

Pembangunan pusat data sangat penting dan strategis di era digital saat ini. Kepala Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI Inosentius Samsul menilai, pengumpulan data yang akurat akan menghasilkan suatu keputusan yang tepat pula. 

“Disahkannya Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia diharapkan mampu mengatur tata kelola data dalam mendukung pembangunan holistik,” katanya saat memberi sambutan pada Focus Group Discussion (FGD) bertajuk ‘Pembangunan Pusat Data Analitik Sekjen DPR RI’ di Kantor BP Batam, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (28/10). 

Sensi, begitu ia biasa disapa, meneruskan bahwa Satu Data Indonesia (SDI) bertujuan menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antarinstansi pusat serta daerah. SDI ini kemudian diharapkan mampu memperbaiki tata kelola data demi terwujudnya transparansi dan akuntabilitas pemerintah sekaligus untuk mendukung pembangunan nasional. 

“Bagi DPR RI, adanya pusat data menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam menunjang kinerja dewan yang meliputi fungsi legislasi, fungsi pengawasan, dan fungsi penganggaran. Pusat data diharapkan mampu mengelola data-data yang dimiliki saat ini untuk menjadi informasi yang berguna sebagai pertimbangan membuat keputusan,” urai Sensi. 

Dengan begitu, lanjutnya lagi, kebijakan-kebijakan yang diambil di DPR RI dapat lebih transparan dan tepat guna yang ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat. Sekretariat Jenderal DPR RI sebagai supporting system, baik di bidang keahlian maupun administrasi bagi DPR RI juga merupakan pihak yang sangat berkepentingan membangun pusat data analitik. Pembangunan Pusat Data Analitik ini membutuhkan kesiapan infrastruktur, suprastruktur, hingga sumber daya manusia (SDM). 

Tidak hanya itu, membangun pusat data juga membutuhkan kerja sama dengan instansi pemerintah, institusi pendidikan, dan mitra kerja DPR RI. Ini penting untuk melakukan pengumpulan dan pertukaran data. “Dengan demikian, masih banyak hal yang perlu dilakukan agar pembangunan pusat data analitik di Setjen DPR RI dapat segera terwujud,” harap Sensi.  mh/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)