Antisipasi Cuaca Ekstrem di Arab Saudi, DPR Ingatkan Sosialisasi dan Edukasi Jemaah Haji

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. Foto: Dok/nvl

Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Muhaimin Iskandar meminta pemerintah, terutama Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), untuk melakukan langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem di Arab Saudi. Menurutnya, pemerintah harus bersiap terhadap segala kemungkinan yang terjadi terhadap jemaah calon haji Indonesia. 

“Saat ini cuaca ekstrem sedang terjadi di Tanahsuci. Sejak awal harus ada persiapan dengan mengoptimalkan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh jemaah sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji,” kata Gus Muhaimin dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, di Jakarta, Rabu (8/6). 

Saat ini, Arab Saudi tengah mengalami musim panas dengan suhu rata-rata 40 sampai 44 derajat celcius. Bahkan, suhu bisa lebih tinggi dari yang diperkirakan. Oleh karena itu, kata Muhaimin, edukasi menjadi sangat penting sehingga seluruh jemaah sudah memahami apa yang akan mereka hadapi dan harus lakukan saat menjalankan ibadah haji dalam masa cuaca ekstrem. “Kita harus menjaga keselamatan masyarakat yang menjalankan ibadah haji. Pemerintah dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) perlu selalu memantau setiap pergerakan jemaah calon haji di tanah suci,” tutur Gus Muhaimin. 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mengingatkan panitia haji untuk menyiapkan sarana medis yang memadai, sekaligus pemondokan strategis dengan fasilitas yang layak. Muhaimin menambahkan, asupan makanan bagi para jemaah haji harus memenuhi standar nutrisi yang baik. “Kondisi kesehatan para jemaah calon haji harus selalu diperhatikan oleh panitia haji agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk,” ungkap legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VIII itu. •bia/sf

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)