Anggota DPR Apresiasi Kinerja Perbankan Sumut dalam Peningkatan Perekonomian

Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu saat Kunspek Komisi XI DPR RI ke Medan. Foto: Hanum/nvl

Anggota Komisi XI DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengapresiasi kinerja perbankan di Sumatera Utara dalam kontribusinya terhadap peningkatan perekonomian di Sumatera Utara. Hal ini terbukti dari kinerja bank umum yang berkantor pusat di Provinsi Sumatera Utara (BPD Sumatera Utara dan Bank Mestika Dharma), di mana posisi Oktober 2021 menunjukkan pertumbuhan year-on-year (yoy) dan year-to-date (ytd) yang positif baik dari sisi aset dan kredit.  

“Perbankan di Sumatera Utara (Sumut), Industri keuangan non-bank termasuk Pasar Modal di Sumut itu kinerjanya relatif bagus dan baik. Ini terlihat dari adanya pertumbuhan-pertumbuhan yang positif,” ungkapnya usai pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI dengan Bank Indonesia, OJK, serta Himbara di Medan, Sumatera Utara, Jumat (3/12).  

Di samping itu, politisi dapil Sumatera Utara II tersebut juga menyinggung perihal sektor tani. Menurutnya, satu pertiga penduduk di Sumut menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian. Namun, hasil kontribusi sektor tani dalam perekonomian di Sumut diketahui hanya 21 persen. “Dan dengan hasil 21 persen kontribusi tani dalam perekonomian Sumut ini kan artinya belum terlalu match,” ujar Gus Irawan 

Melihat hal tersebut, politisi Partai Gerindra itu pun berharap agar ke depannya, perbankan ataupun industri jasa keuangan bank dan non-bank yang ada di Sumut dapat semakin memiliki potensi yang bisa benar-benar berkontribusi bagi perekonomian di Sumut.  hnm/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)