Bukhori Salurkan Bantuan Kedaruratan bagi Korban Bencana Angin Puting Beliung di Kabupaten Semarang

[Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf. Foto: Ist/Man]

Anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf menyalurkan bantuan kedaruratan kepada korban bencana alam puting beliung di Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.  Advokasi bantuan ini dilakukan Bukhori bekerja sama dengan Kementerian Sosial menyusul informasi yang diberikan oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) Kecamatan Pabelan kepada pihaknya pada hari Sabtu 15 Oktober 2022.

Dari informasi tersebut diketahui sebanyak empat desa diantaranya Desa Padaan, Desa Giling, Desa Kadirejo, dan Desa Jembrak terdampak akibat musibah angin puting beliung. Sementara, sebanyak 25 kepala keluarga turut menjadi korban bencana tersebut meskipun tidak menimbulkan korban jiwa.

“Kami mendapat informasi dari Danramil setempat bahwa telah terjadi musibah angin puting beliung yang menerjang empat desa. Meskipun bencana telah terjadi sejak 8 Oktober 2022 lalu, sayangnya belum ada bantuan yang diterima oleh korban terdampak,” jelas Bukhori dalam keterangan tertulisnya kepada Parlementaria, Selasa (19/10/2022).

Anggota DPR RI Dapil Jateng 1 ini mengatakan, setelah memperoleh informasi tersebut pihaknya segera menghubungi Kementerian Sosial, dalam hal ini Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), untuk segera menerjunkan bantuan kedaruratan.

“Kami mengapresiasi respons cepat Kementerian Sosial yang segera menindaklanjuti advokasi kami dengan menerjunkan bantuan kedaruratan ke lokasi bencana. Kami berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban dari korban terdampak,” ucapnya.

Adapun sejumlah bantuan kedaruratan yang diterjunkan ke lokasi bencana diantaranya bantuan sosial ATENSI berupa  pemenuhan kebutuhan dasar 25 paket senilai  Rp 600.000  paket, bantuan logistik dari PSKBA berupa makanan siap saji sebanyak 100 paket, hidangan lauk pauk sebanyak 200 paket, makanan anak sebanyak 104 paket, dan tenda gulung sebanyak 25 lembar. (rnm/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)