BERPIHAK PADA RAKYAT – BUKU 2

Facebook
Twitter
WhatsApp

Deskripsi Buku:

Setelah melewati tahun konsolidasi kelembagaan, pada tahun kedua ini DPR RI dapat bekerja dalam suasana politik yang relatif kondusif. Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh untuk mendorong kinerja DPR RI yang lebih produktif. Indikator paling jelas bisa kita lihat pada produk legislasi. Dari 50 RUU target daftar prolegnas 2016, DPR RI berhasil mensahkan 22 RUU menjadi UU. Beberapa di antaranya RUU yang disahkan yaitu RUU tentang Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah RI dan Pemerintah RRC tentang Kerjaasama Aktivitas dalam Bidang Pertahanan, RUU tentang MoU antara Kementerian Pertahanan RI dan Kementerian Pertahanan Republik Federasi Jerman mengenai Kerjasama di bidang Pertahanan, RUU tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan, dan Petambak Garam. RUU Penyandang Disabilitas, RUU tentang Jaring Pengamanan Sistem Keuangan (PPSK), RUU tentang Pengampunan Pajak.

Meski belum mencapai target prolegnas, namun dibanding tahun 2015 produk legislasi tahun 2016 ini menunjukan hasil yang meningkat. Masyarakat banyak melihat rendahnya produk legislasi semata-mata adalah kelemahan internal kinerja DPR RI. Namun dalam banyak kesempatan saya sering mengatakan jika proses pembahasan RUU juga melibatkan pihak pemerintah. Dalam beberapa kasus, kami di DPR melihat pemerintah juga lamban dalam menyusun dan menyampaikan RUU yang menjadi usulannya kepada DPR RI. Walau statusnya sebagai lembaga legislastif, desain UU kita membuat proses legislasi bukan sepenuhnya menjadi wewenang DPR RI, tapi juga pemerintah.

Detail:

Jumlah Halaman

x + 326 halaman

ISBN

978-602-515-123-1

Bahasa

Indonesia

Penerbit

Bagian Penerbitan Setjen DPR RI

Lebar

23 cm

Panjang

27 cm

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)