Banyak Persoalan Bidang Pendidikan yang Perlu Penyelesaian di Lampung

[ Anggota Komisi X DPR RI Nuroji usai mengikuti pertemuan yang dilakukan Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI dengan Gubernur Provinsi Lampung di Lampung, Selasa (25/10/2022). Foto: Devi/Man]

Usai mengikuti pertemuan yang dilakukan Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Provinsi Lampung dengan Gubernur Lampung dan mitra kerja Komisi X didaerah, Anggota Komisi X DPR RI Nuroji menyampaikan bahwa masih ada beberapa persoalan terkait bidang pendidikan di Provinsi Lampung, termasuk masalah banyaknya sarana prasarana pendidikan yang rusak.

Belum pula persoalan klasik yang banyak terjadi diwilayah lain di Indonesia yakni mengenai masalah guru honorer yang belum mendapatkan penempatan kerja, ataupun para guru yang sudah lulus P3K tetapi tidak mau ditempatkan didaerah pedalaman atau tempat-tempat yang jauh.

“Menurut saya agak rumit persoalan ini selama apa yang dikejar bukankah pengabdian. Kalau guru-guru itu sudah diperhatikan dan sudah dinaikkan statusnya menjadi P3K tetapi tidak mau ditempatkan kerjanya (didaerah pelosok atau pedalaman) yang jauh dari kota,” ujar Nuroji di Lampung, Selasa (25/10/2022).

Permasalahan lain yang ikut mencuat dalam pembahasan dalam pertemuan tersebut yaitu mengenai mutu atau akreditasi Perguruan Tinggi Swasta. Terkait hal itu Nuroji mengatakan, Komisi X yang membidangi soal pendidikan nperlu mendorong agar ada kebijakan yang mempermudah bagi Perguruan Tinggi Swasta dalam memperoleh akreditasi.

“Sistem akreditasi ini mahal biayanya. Dan Sistem akreditasi Mandiri dirasa cukup memberatkan perguruan tinggi swasta yang mahasiswanya masih sedikit,” ucapnya.

Disisi lain, terkait sektor pariwisata yang ada di Provinsi Lampung, Politisi Fraksi Partai Gerindra itu menyatakan, masih banyak destinasi wisata yang belum dipromosikan secara maksimal meskipun potensinya sangat besar. “Potensinya ada tetapi promosinya mungkin belum kuat. Sehingga banyak turis atau wisatawan yang belum mendengar dan mengenali objek-objek wisata di sini,” kata Nuroji. (dep/aha)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)