Badan Keahlian Optimalkan 'Supporting System' Bagi DPR RI

[Kepala BK Setjen DPR RI Inosentius Samsul saat memberi sambutan dalam Rakor Tim Pidato, Tim Dwi Mingguan, dan Tim Seminar BK DPR RI Tahun 2022. Foto: Andri/nvl]

 

Badan Keahlian (BK) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI merupakan supporting system bagi parlemen untuk memberikan dukungan keahlian pada kelancaran pelaksanaan tugas fungsi-fungsi DPR RI dalam legislasi, anggaran dan pengawasan. Dalam mengoptimalkan dukungan keahlian kepada Kinerja Dewan, BK Setjen DPR RI saat ini telah membentuk berbagai tim yang menunjang berbagai kegiatan di Badan Keahlian di antaranya Tim Kajian atau Info Dwi Mingguan, Tim Pidato dan Tim Seminar.

 

"Oleh karena itu Rapat Koordinasi Tim Pidato, Tim Dwi Mingguan, dan Tim Seminar Badan Keahlian DPR RI Tahun 2022 ini menjadi penting dilakukan agar tercipta kelancaran koordinasi dan pelaksanaan tugas di Badan Keahlian," ujar Kepala BK Setjen DPR RI Inosentius Samsul saat memberi sambutan dalam Rakor Tim Pidato, Tim Dwi Mingguan, dan Tim Seminar BK DPR RI Tahun 2022 di Bandung, Jawa Barat, Jumat (13/5/2022). 

 

Adapun Tim Kajian atau Info Dwi Mingguan merupakan salah satu dukungan keahlian sebagai bahan bagi Pimpinan DPR RI dalam menjalankan tugas menyampaikan keterangan pers yang berkaitan dengan kegiatan DPR RI paling sedikit satu kali dalam satu bulan dalam masa sidang.

 

Lebih lanjut Sensi, sapaan akrab Inosentius menjelaskan, Tim Pidato bagi Pimpinan DPR RI ini menyiapkan berbagai jenis permintaan pidato antara lain materi untuk acara/kegiatan ilmiah (makalah, keynote speech, orasi ilmiah, kuliah umum/studium generale), sambutan untuk acara kementerian/lembaga (peringatan hari besar, ulang tahun/dies natalis, wisuda), sambutan untuk acara kunjungan kerja, materi untuk buku (bedah buku, sumbangan tulisan, peluncuran buku), materi untuk talkshow dan bahan wawancara, pointers, dan lain-lain.

 

Sedangkan Tim Seminar BK bertugas untuk menyiapkan berbagai kebutuhan untuk kegiatan seminar atau diskusi yang berhubungan dengan isu atau kebutuhan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang diselenggarakan oleh BK. Keempat, Tim Evaluasi Kelembagaan yang baru saja dibentuk untuk penguatan kelembagaan BK. Berbagai tim dengan kegiatannya tersebut dibentuk agar dapat memenuhi kebutuhan Anggota maupun AKD DPR RI di dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 

 

Dengan adanya dukungan keahlian yang diberikan pada pelaksanaan fungsi-fungsi DPR RI, Inosentius mengatakan, maka diharapkan setiap kebijakan publik, khususnya di DPR RI, harus dilandasi oleh riset atau yang disebut dengan Evidence Based Legislative Policy Making. Ia memandang bahwa setiap anggota tim pelaksana atas berbagai kegiatan yang ada pada badan keahlian memerlukan program kerja yang akan dilakukan serta monitoring dan evaluasi terhadap setiap kegiatan yang telah dilakukan. 

 

"Oleh karena itu rapat Koordinasi Tim Pidato, Tim Dwi Mingguan, dan Tim Seminar Badan Keahlian DPR RI Tahun 2022 ini menjadi penting untuk dilakukan agar tercipta kelancaran koordinasi dan pelaksanaan tugas di Badan Keahlian. Pada rapat koordinasi hari ini diharapkan dapat mengevaluasi berbagai tantangan, peluang, hambatan dan apa yang menjadi permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing tim tersebut dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya," tandas Sensi. (man/aha) 

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)