Badan Keahlian DPR Tandatangani MoU dengan Asia Centre

[Kepala Badan Keahlian Setjen DPR RI Inosentius Samsul saat acara penandatangan MoU. Foto: Jaka/nvl]

 

Kepala Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI Inosentius Samsul melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan James Gomes selaku Regional Director Asia Centre. Diketahui, kerja sama ini dilatarbelakangi oleh keinginan antara kedua instansi untuk menjalin komunikasi dan knowledge sharing antar lembaga.

 

“MoU ini akan memudahkan kita untuk knowledge sharing, sekaligus juga meningkatkan kapasitas kami (pegawai Setjen DPR RI, red). Mereka sering mengadakan konferensi internasional, kami akan mendorong pejabat-pejabat fungsional disini bergaul pada lingkup Internasional,” jelas Sensi, sapaan akrabnya, usai penandatangan MoU di Komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (14/3/2022).

 

Sensi  menilai, dengan menjalin MoU bersama Asia Centre bisa menjadikan langkah yang lebih efektif bagi BK Setjen DPR RI jika ingin mendapatkan knowledge data, ataupun menangkap isu internasional yang sedang berkembang. Mengingat menurutnya, Asia Centre adalah kumpulan para peneliti dari seluruh dunia, khususnya Asia Tenggara dan juga sebagai think tank.

 

Jika suatu saat BK Setjen DPR RI ingin mendapatkan pandangan-pandangan, pengalaman, perbandingan dengan negara-negara lain paling tidak di Asia Tenggara, mereka punya data yang kuat. Kita bisa berkomunikasi dengan mereka. Seperti bicara (permasalahan) narkotika, imigrasi, dan lingkungan, itu kan isu global,” ujar Sensi.

 

Sensi berharap, dengan MoU ini, BK Setjen DPR RI bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari jaringan-jaringan di Kawasan ASEAN. Serta dapat membuka pintu bagi pejabat-pejabat fungsional agar bisa berkarya pada level Internasional. “Secara tidak langsung mempengaruhi standar kompetensi mereka (pejabat-pejabat fungsional, red). Dari seringnya berdiskusi, bahasa yang dilatih, wawasan yang diperluas maka pikiran juga akan menjadi lebih banyak pilihan-pilihan dalam menyusun kebijakan,” tutupnya. (we,ps,hal/sf)

Tim Redaksi

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)