Willy Aditya: Perjuangkan Pemberian Gelar Pahlawan Kepada Mbah Kholil

Usulan gelar pahlawan nasional terhadap Syaikhona Muhammad Kholil bin Abd. Latif (Mbah Kholil) nyaris tuntas. Dukungan terus mengalir dari sejumlah kalangan. Kali ini datang dari Anggota DPR RI Willy Aditya.

Anggota DPR RI Willy Aditya. Foto: Erman/nvl

Willy komitmen memperjuangkan aspirasi masyarakat Madura yang menginginkan Syaikhona Kholil sebagai pahlawan nasional. Sejumlah langkah taktis dilakukan. Salah satunya menggelar seminar nasional yang diinisiasi DPW Nasdem Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Willy mengatakan, sejak awal dia bersama Nasdem berada di garda terdepan memperjuangkan aspirasi tersebut. Sebab, Syaikhona Kholil memiliki jasa besar berdirinya bangsa Indonesia.

Bahkan, banyak lahir tokoh nasional yang menjadi pejuang kemerdekaan Indonesia atas didikan Syaikhona Kholil. Salah satunya, Mbah Hasyim Asy’ari yang sekarang sudah dinobatkan sebagai pahlawan nasional.

”Syaikhona Kholil tidak memilih perjuangan secara fisik untuk meraih kemerdekaan dan pengabdian kepada tanah air. Ia mengedepankan sumbangsihnya melalui perjuangan nonfisik,” katanya.

Pria yang juga Wakil Ketua Fraksi Nasdem DPR RI itu menyampaikan, Syaikhona Kholil berkontribusi besar dalam menanamkan ajaran Islam di Nusantara. Salah satunya berupa penyusunan kaidah huruf pegon untuk penulisan ajaran dan pemikiran Islam.

”Mbah Kholil adalah guru banyak pahlawan nasional. Beliaulah sejatinya pahlawan itu,” kata legislator dari Dapil Madura itu.

Willy menyampaikan, jika disandingkan dengan kepahlawanan HOS Tjokroaminoto, semestinya Mbah Kholil juga mendapat gelar pahlawan nasional. Sebab, beliau menjadi sumber kepahlawanan santri dan kiai besar Nusantara. l  es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)