Vita Ervina: Berupaya Tingkatkan Produktivitas dan Teknik Pengolahan Kopi

Purworejo yang secara topografis merupakan wilayah beriklim tropis basah dengan suhu antara 19-28 derajat celcius memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan kopi khususnya robusta”

Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Vita Ervina memberikan sambutan saat digelarnya Bimtek. Foto: Ist/nvl
Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan Vita Ervina memberikan sambutan saat digelarnya Bimtek. Foto: Ist/nvl

Anggota DPR RI Vita Ervina menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) dengan tema Membangun Indonesia Tangguh Melalui Pembangunan Pertanian. Tak sendirian, ia bekerja sama dengan Ditjen Perkebunan Kementan RI yang berfokus pada Peningkatan Produktivitas Tanaman Kopi dan Teknik Pengolahan Kopi.

Sebanyak 20 ketua atau perwakilan kelompok tani calon penerima bantuan intensifikasi kopi di Kabupaten Purworejo turut ambil bagian dalam kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Ganesha Convention Hall Purworejo, pertengahan September lalu.

Meskipun kopi bukan komoditas utama di Purworejo seperti halnya di Wonosobo, Temanggung, dan Magelang, Bimtek ini fokus pada peningkatan produktivitas tanaman kopi. Karena perkebunan kopi khususnya robusta sudah mulai dibudidayakan oleh masyarakat, sehingga secara khusus diperlukan dukungan guna meningkatkan hasil atau produktivitas.

“Kebutuhan masyarakat akan kopi yang semakin hari makin meningkat, ini menjadi peluang besar khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Purworejo untuk mengembangkan kopi hasil dari perkebunannya sendiri,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI itu.

Lanjutnya, kegiatan itu merupakan salah satu kegiatan bagaimana masyarakat dibekali pengetahuan dalam upaya peningkatan produktivitas serta bagaimana strategi pengolahan yang baik khususnya bagi petani pembudidaya. Tidak menutupkan kemungkinan kedepannya juga akan ada program-program lainnya yang berkaitan dengan pengembangan komoditas kopi di Kabupaten Purworejo.

“Meskipun secara garis besar Kabupaten Purworejo sebagai sentra komoditas tanaman pangan, tetapi dengan beberapa dataran tinggi seperti lereng Gunung Pupur, Gunung Mentosari, Gunung Rowocacing, lereng-lereng di Pegunungan Menoreh sangat potensial untuk pengembangan tanaman kopi. Kami di sini mendukung secara penuh dalam pengembangan kopi robusta di Purworejo,” jelasnya.

Kegiatan Bimtek itu juga diselenggarakan sebagai wujud nyata kehadiran pemerintah dan Komisi IV DPR RI dalam gerakan peningkatan produktivitas tanaman kopi dan strategi pasca panen kopi. Juga sebagai salah satu kegiatan untuk mengedukasi masyarakat tentang budidaya kopi yang baik serta bagaimana petani bisa mengolah secara mandiri hasil perkebunannya sehingga secara ekonomi mampu meningkatkan nilai tambah dari kopi itu sendiri. gal/es

Bagian Penerbitan

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)