Vera Febyanthy: Bantu Warga Terdampak Banjir

Anggota DPR RI Vera Febyanthy memberikan 8.000 paket bantuan sembako dan alat kebersihan bagi warga yang terkena musibah banjir pada Februari 2021 silam. 

Anggota DPR RI Vera Febyanty saat memberikan bantuan kepada korban banjir di Karawang. Foto: Ist/nvl

Bantuan yang diberikan untuk daerah pemilihannya Jawa Barat VII. Adapun titik lokasi  berada di Desa Karangligar dan Desa Dawuan, Kabupaten Karawang, dan Desa Pantai Indah Kabupaten Bekasi Jawa Barat. 

Menurut politisi Fraksi Partai Demokrat, musibah banjir di Karawang dan Bekasi menjadi musibah rutin bila musim hujan tiba. Hal itu karena curah hujan kali ini cukup tinggi sehingga menyebabkan meluapnya air dari Situ, seperti Situ Kamojing dan Situ Cikaranggelem.

“Juga terjadinya tanggul yang jebol di Sungai Citarum. Sehingga, musibah banjir ini merendam 108 desa, sejumlah tempat ibadah, 52 masjid, 11 sekolah, 35.092 rumah, serta 8.282 hektar areal persawahan,” jelas Vera.

Vera berharap musibah ini tidak berulang kembali dengan cara antisipasi yang serius oleh pemerintah daerah setempat dengan bantuan dari pemerintah pusat. Terlebih, jika terjadi banjir kembali, sudah disiapkan beberapa skenario mitigasi resiko, termasuk relokasi pengungsi dengan segala pemenuhan kebutuhan dasarnya.

“Pemda setempat harus siap. Jika ini benar rutin terjadi, maka harus ada anggaran alokasi khusus baik untuk pencegahan maupun penanganan saat terjadi bencana. Kita tidak berharap karena banjir sudah rutin terjadi, kita menganggapnya menjadi biasa,” tegas Vera. Akan tetapi masalah harus segera juga diatasi agar masyarakat tidak pesimis terus. l  rdn/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)