Tommy Kurniawan: Pesantren Jadi Harapan di tengah Gejolak Globalisasi

Pandemi tidak menyurutkan semangat para pekerja pembangunan sebuah pesantren di Desa Harkatjaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pembangunan pesantren ini menjadi sebuah harapan di tengah gejolak perilaku negatif akibat pengaruh globalisasi.

Anggota DPR RI Tommy Kurniawan saat mengunjungi pembangunan Pondok Pesantren Riyadul Muta Alimin. Foto: Ist/nvl

Politisi Fraksi PKB Tommy Kurniawan memahami kebutuhan warga Desa Harkatjaya dalam pembangunan pesantren dan mendorong keberlanjutan pembangunan pesantren Riyadul Muta Alimin dengan memberikan beberapa bantuan material dan ratusan buah kitab suci Alquran.

“Saya harap bantuan ini bisa mempercepat pembangunan Pesantren Riyadul Muta Alimin, sehingga pesantren ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan dapat bermanfaat untuk keberlanjutan sosial,” ungkap Tommy saat mengunjungi pembangunan Pondok Pesantren Riyadul Muta Alimin di Desa Harkatjaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Menurut Anggota Komisi III DPR RI ini, pembangunan pesantren kini menjadi solusi penguatan akhlak di tengah gejolak globalisasi serta derasnya arus informasi. Menurutnya, jika anak muda tidak mampu mem-filter gagasan yang tepat untuk perkembangan karakternya, maka akan terjadi degradasi moral atau kemunduran akhlak.

“Oleh karenanya, saya menilai pesantren punya peran penting untuk menyeimbangkan karakter. Nilai-nilai yang diajarkan oleh para kyai itulah yang dapat menetralisir semua gagasan yang masuk akibat derasnya informasi,” ungkap legislator dapil Jawa Barat V tersebut.

Lebih lanjut, Tommy memandang bahwa antara masyarakat dan pesantren kini memiliki kebutuhan yang sama. Masyarakat membutuhkan pesantren untuk memberi penguatan karakter dalam diri anak mereka, sedangkan pesantren bertekad menciptakan individu yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai agama.

“Di pesantren, insyaAllah semuanya bermanfaat dan berkarakter, generasi muda akan lebih baik ditopang dengan pemahaman agama yang lebih baik,” tutupnya. l bla/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)