Sukses IPU, Bangga Indonesia

Indonesia atau tepatnya Bali menjadi tuan rumah terselenggaranya 144th Assembly of the Inter Parliamentary Union (IPU). Sempat diragukan, perhelatan yang menghadirkan ratusan anggota parlemen dari 115 negara ini diakhiri dengan sukacita.


DEKLARASI Nusa Dua adalah hasil yang disepakati di Sidang IPU ke144 ini. Dimana, para anggota parlemen dunia untuk mengatasi perubahan iklim dengan mengadopsi Deklarasi Nusa Dua. 

“Bumi seperti apa yang akan kita wariskan untuk generasi mendatang? Bagaimana solusi permanen menciptakan perdamaian? Apakah dunia akan siap dalam menghadapi ancaman krisis, yang mungkin lebih buruk, di masa mendatang?” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani saat penutupan Sidang IPUke-144 di Bali (24/3). 

Sebagaimana diketahui, saat ini dunia menghadapi bermacam tantangan pada saat bersamaan. Untuk itu, perubahan iklim perlu komitmen dan dukungan kuat untuk melakukan upaya mitigasi dan adaptasi. 

Deklarasi Nusa Dua dibuat setelah delegasi melakukan General Debate ‘Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change’. Adopsi dokumen Deklarasi Nusa Dua merangkum keseluruhan komitmen parlemen global untuk menuju net zero di tahun 2050 atau sesuai target masing-masing negara. 

Selain Deklarasi Nusa Dua, Sidang IPU kali ini juga menyepakati beberapa resolusi untuk menjawab tantangan kondisi saat ini. Pentingnya prinsipprinsip yang tertuang dalam piagam PBB serta peran parlemen dalam mempromosikan rekonsiliasi, dan stabilitas di wilayah konflik dirangkum menjadi sebuah resolusi di Standing Committee on Peace and Security. 

Kemudian Resolusi di Standing Committee on Sustainable Development mengajak parlemen untuk terus meningkatkan peran teknologi komunikasi dan informasi di dunia Pendidikan. “Parlemen, telah menegaskan pentingnya bukan sekedar untuk membuat komitmen, namun melakukan aksi nyata dalam setiap komitmen bersama mengatasi masalah global,” ungkap Puan. 

Penanganan pandemi Covid-19 tak luput dari pembahasan di forum ini. Selain menekankan akan pentingnya pemerataan vaksin, tiap-tiap negara diminta untuk memperkuat kesiapan jika terjadi pandemi di masa depan. 

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu memastikan, DPR RI akan terus berkomitmen mengadopsi produk dari IPU. Termasuk Deklarasi Nusa Dua, yang namanya diambil dari lokasi tempat IPU digelar. 

“DPR RI akan memastikan komitmen ini tidak akan berakhir menjadi hanya sebatas dokumen. DPR RI berkomitmen untuk memastikan dukungan nyata mengatasi perubahan iklim di Indonesia dan dunia,” tegasnya.

DPR RI BERKOMITMEN UNTUK MEMASTIKAN DUKUNGAN NYATA MENGATASI PERUBAHAN IKLIM DI INDONESIA DAN DUNIA.”

Ketua DPR RI Dr (HC) Puan Maharani bersama pimpinan IPU saat penutupan sidang IPU ke-144. Foto: Runi/Man

APRESIASI DARI NEGARA PESERTA

Di sisi lain, sebagai tuan rumah, Indonesia mendapat sanjungan dari para delegasi peserta perhelatan ini. Mereka menilai, penyelenggaraan IPU naik kelas dan menyebut Indonesia menjadi barometer baru pelaksanaan forum-forum IPU. 

Menurut Puan, DPR ingin memberikan pesan kepada dunia bahwa Indonesia mampu melaksanakan event internasional di saat pandemi Covid-19. “Kita tunjukkan eksistensi Indonesia ke dunia,” tukas Puan. 

Kesuksesan penyelenggaraan IPU ke-144 pun dinilai buah dari kerja bersama seluruh pihak tak terkecuali masyarakat Bali. Puan secara khusus mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bali yang mendapat banyak pujian dari delegasi IPU. 

“Saya sampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, Pemerintah Daerah Bali, masyarakat Bali, dan tentunya untuk delegasi Indonesia dan panitia DPR RI. Gotong royong kita bersama bisa membuat pariwisata Bali kembali dipercaya setelah sebelumnya sangat terdampak pandemi,” tuturnya. 

Bukti kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Sidang IPU juga diakui oleh Presiden IPU Duarte Pacheco. Bahkan Pacheco menyarankan agar delegasi Negara Rwanda mengambil pelajaran Indonesia sebab IPU ke-145 akan diselenggarakan di Kigali. 

“Rwanda, Anda harus bekerja keras, untuk menyaingi kerja ibu Puan Maharani melihat bagaimana kesuksesan Indonesia menggelar pertemuan kali ini,” kata Duarte Pacheco. Tim

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)