Sudewo: Tinjau Proyek Pembangunan Bendungan di Dapil

Anggota Komisi V DPR RI Sudewo menyempatkan waktu resesnya untuk melakukan peninjauan lokasi terhadap bendungan-bendungan yang akan dibangun di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. 

Ia juga memberikan sosialisasi kepada warga di Balai Desa Durensawit, Kecamatan Kayen terkait bagaimana memanfaatkan bendungan-bendungan tersebut ketika sudah selesai dibangun.

Di daerah Pati sendiri akan dibangun tiga bendungan, yakni Bendungan Cabean di Desa Guyangan Kecamatan Winong, Bendungan Dung Kurungan di Desa Durensawit Kecamatan Kayen, dan Bendungan Sitimulyo di desa Sitimulyo kecamatan Pucakwangi. Bendungan ini akan bermanfaat untuk kebutuhan irigasi dan air baku, serta dapat dikembangkan untuk pariwisata.

“Bila ketiga bendungan ini sudah terbangun, kekeringan yang selama ini melanda di daerah Pati Selatan akan dapat teratasi. Selanjutnya, masyakat akan mengalami peningkatan kesejahteraan. Selain itu bencana banjir yang terjadi ketika musim hujan tidak akan terjadi lagi. Itu yang menjadi harapan kita,” ucap Sudewo.

Anggota DPR RI Sudewo menyosialisasikan pemanfaatan bendungan yang sedang dibangun Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Foto : Ist/nvl

Politisi dapil Jawa Tengah III ini menuturkan pembangunan fisik Bendungan Cabean direncanakan akan dimulai pembangunannya pada akhir tahun 2021. Kemudian Bendungan Dung Kurungan masih dalam perencanaan dan diharapkan dimulai awal tahun 2022. Sementara Bendungan Sitimulyo masih dalam tahap survei awal.

Saya berharap dukungan dan doa masyarakat Kabupaten Pati supaya ketiga bendungan tersebut segera terbangun sesuai yang direncanakan, yang mana daerah ini sejak dulu memang sering mengalami kekeringan saat musim kemarau, sedangkan musim penghujan selalu tergenang banjir,” tutupnya. l er/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)