Semarak Kemeriahan HUT DPR RI Ke-77 Pasca Pandemi

Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 DPR RI di Lapangan Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta. Foto: Runi/nvl
Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 DPR RI di Lapangan Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta. Foto: Runi/nvl

“Mari kita jalani hidup dengan penuh kegembiraan, jangan membandingkan hidup kita dengan orang lain. Sebab hidup adalah perjalanan bukan pertandingan”

Bulan Agustus menjadi bulan penuh syukur, pada bulan ini terdapat dua momentum besar. Pertama, Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Negara Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 dan yang kedua adalah HUT DPR dan MPR RI yang juga Ke-77 yang jatuh pada tanggal 29 Agustus 2022. Setelah selama dua tahun ke belakang ini tidak dilakukan kegiatan apapun, beragam kegiatan pun dilakukan di lingkungan DPR RI dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77, mulai dari upacara bendera, pemotongan tumpeng serta lari dan bersepeda bersama.

Upacara Bendera Sang Saka Merah Putih

Upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Ke-77 DPR dan MPR RI digelar di Lapangan Setjen DPR RI dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Ma’ruf Cahyono dan diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Setjen DPR dan MPR RI. Dalam upacara ini, Ma’ruf Cahyono menyatakan bahwa HUT Ke-77 DPR dan MPR RI merupakan momentum untuk menemukenali kembali tugas, wewenang, peran dan fungsi ASN dalam mendukung lembaga legislatif dalam menjalankan tugas-tugas konstituen dengan maksimal.

“Oleh karena itulah, hari ulang tahun MPR, DPR ini adalah saatnya sesuai dengan tema HUT RI kita adalah bangkit lebih kuat dan pulih lebih cepat. Untuk kebangkitan yang saya maksud dalam lingkungan ASN adalah cara kita untuk terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan kita agar keberadaan Sekretariat Jenderal MPR maupun DPD maupun DPR, ini juga sesuai dengan harapan kita semua, harapan negara, juga tentu saja adalah harapan masyarakat,” tutur Ma’ruf Cahyono.

Sementara itu, menurut Deputi Bidang Administrasi Sumariyandono, HUT ke-77 DPR RI ini menjadi waktu yang tepat untuk bersyukur dan intropeksi diri, apakah kedepan akan menjadi satu lembaga seperti yang kita cita-citakan bersama, yakni Parlemen yang modern. Intropeksi yang dimaksud ini tidak hanya meliputi kelembagaan, melainkan juga para pegawainya di kesetjenan. Karena Setjen DPR sebagai supporting system dewan diharapkan mampu memberikan pelayanan yang prima terhadap dewan.

“HUT DPR kali ini menjadi momen yang baik bagi seluruh jajaran di DPR dan MPR untuk bersyukur, bukan hanya karena bisa kembali menggelar acara kemeriahan peringatan hari ulang tahunnya. Namun juga bersyukur bahwa lembaga ini masih eksis, masih kuat, dan masih diberi kepercayaan penuh oleh rakyat dalam menjalankan berbagai fungsinya,” ucapnya.

Pemotongan Tumpeng Dalam Tasyakuran HUT DPR RI Ke-77

Sejumlah tumpeng dengan beragam bentuk dan hiasan juga disiapkan dari berbagai unit kerja yang ada di lingkungan Setjen DPR RI dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur dalam memasuki usia yang baru. Untuk memeriahkan acara pemotongan tumpeng, digelar pula sejumlah acara hiburan dari berbagai kegiatan seni dan budaya yang ada di bawah naungan Korpri Setjen DPR RI, seperti lagu-lagu yang dibawakan oleh Band Parlemen, pembacaan puisi demokrasi yang dibawakan oleh perwakilan dari Komunitas sastra parlemen, serta tari-tarian oleh Komunitas Tari Parlemen.  Mewakili Sekjen DPR RI, Sumariyandono juga memberikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah berkontribusi dalam acara tasyakuran sederhana dengan pemotongan tumpeng itu. Ia mengapresiasi Korpri yang telah menginisiasi kegiatan Tasyakuran HUT DPR RI yang ke-77 serta Dharma Wanita dan kerjasama dari seluruh pejabat eselon II yang ada di lingkungan Setjen DPR RI yang telah memeriahkan acara.

“Tentunya atas nama pimpinan Sekjen DPR RI, Kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Biro, Kepala Pusat Inspektur, yang telah menyiapkan tumpeng untuk kita nikmati bersama-sama dengan seluruh staf yang hadir hari ini.

saya nggak tahu apakah ini tinggal pesan saja atau masak sendiri, kalau masak sendiri tentunya sudah mulai dari kemarin disiapkan,” celoteh Sumariyandono dalam sambutannya dalam acara Tasyakuran HUT DPR RI Ke-77.

Ia juga mengajak para CPNS dan pegawai di lingkungan Setjen DPR RI untuk turut aktif menyalurkan hobinya dalam kegiatan yang tersedia dalam Korpri seperti olahraga, pentas seni, sosial dan agama untuk mendapatkan kebahagiaan. Hal ini sesuai dengan harapan yang seringkali disampaikan oleh Sekjen DPR RI Indra Iskandar, bahwa tujuan akhir kita adalah untuk mencapai indeks kebahagiaan.

“Mengakhiri sambutan saya, saya  ingin menyampaikan kata-kata bijak yang pernah diucapkan. Mari kita jalani hidup dengan penuh kegembiraan, jangan membandingkan hidup kita dengan orang lain. Sebab hidup adalah perjalanan bukan pertandingan. Semangat pagi, tetaplah berkarya untuk negeri sampai akhir kita tujuan nanti. Merdeka sekian,” tutup Dono sapaan akrabnya mengakhiri sambutan dalam acara Tasyakuran. gal/es

HUT ke-77 DPR RI ini menjadi waktu yang tepat untuk bersyukur dan intropeksi diri, apakah kedepan akan menjadi satu lembaga seperti yang kita cita-citakan bersama, yakni Parlemen yang modern. 

Sekretariat Jenderal DPR RI bersama Sekretariat Jenderal MPR RI menggelar acara tumpengan usai upacara peringatan hari jadi ke-77 DPR RI dan MPR RI di selasar Gedung Nusantara II, Senayan Jakarta. Foto: Runi/nvl
Sekretariat Jenderal DPR RI bersama Sekretariat Jenderal MPR RI menggelar acara tumpengan usai upacara peringatan hari jadi ke-77 DPR RI dan MPR RI di selasar Gedung Nusantara II, Senayan Jakarta. Foto: Runi/nvl

Bagian Penerbitan

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)