Saan Mustofa: Normalisasi Sungai, Agenda Penting Cegah Banjir Karawang

Anggota DPR RI Saan Mustopa mendatangi sejumlah lokasi sekaligus meninjau kondisi masyarakat yang terdampak Banjir Karawang. 

Anggota DPR RI Saan Mustopa memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir di Karawang, Jawa Barat. Foto: Ist/nvl

Bersama para pengurus DPD Partai Nasdem Karawang, Saan bersepeda melintasi jalan yang berlumpur bekas banjir.  Sepanjang perjalanan, dirinya memastikan kerusakan yang ditimbulkan banjir, proses evakuasi masyarakat yang terdampak, dan ketersediaan logistik.

Berdasarkan informasi yang diterima, dilaporkan ada 34 desa yang  terdampak di 15 kecamatan, Kabupaten Karawang yang terdampak. Pemulihan pascabanjir harus disegerakan dengan sebaik-baiknya.  Oleh karena itu, normalisasi sungai perlu menjadi agenda penting untuk pemulihan pascabanjir.  Jika dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, maka normalisasi sungai mampu mencegah terjadinya kembali bencana banjir bandang. 

“Perlu diketahui bersama, Karawang ini bukan hanya memiliki satu sungai. Ada sungai Cibeet, Citarum, Cikarang Gelam, dan sungai-sungai lainnya yang berada di utara Karawang. Jadi beban seluruh sungai tersebut begitu berat menampung airnya, dari situ perlu segera menormalisasi seluruh sungai tersebut,” jelas Politisi Nasional Demokrat itu.

Wakil Rakyat dapil Jawa Barat VII itu pun mendorong pelaksanaan normalisasi sungai di Kabupaten Karawang melibatkan campur tangan baik pemerintah daerah, pemerintah provinsi, sekaligus pemerintah pusat. Mewujudkan upaya ini membutuhkan keseriusan dari semua pihak. 

“Tidak bisa sendiri, harus ada campur tangan baik pemerintah provinsi dan pemerintah pusat agar permasalahan banjir dapat segera diatasi.” terang Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu.

Selama menyambangi Kabupaten Karawang, Saan membagikan 350 paket sembako untuk warga terdampak banjir di Kampung Gempol Anjun, Kelurahan Tanjungpura, Karawang, Jawa Barat. Tidak hanya sembako, ia juga memberikan sumbangan untuk anak yatim dan jompo bagi yang terdampak banjir. l  ts/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)