RS Provider Harus Beri Layanan Paripurna

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga ( BURT) DPR RI Agung Budi Santoso meminta sejumlah rumah sakit (RS) provider yang ditunjuk PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) memberikan layanan terbaiknya kepada para peserta Jaminan Kesehatan Utama (Jamkestama), dalam hal ini Anggota DPR RI beserta keluarganya. 

Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso saat pertemuan tim kunker BURT dengan direksi RS Siloam Cirebon. Foto: Arief/nvl

Saat memimpin pertemuan tim kunjungan Kerja BURT DPR RI dengan direktur dan jajaran manajerial Rumah Sakit Siloam Cirebon, di Cirebon, Jawa Barat, Februari lalu, Agung mengatakan masih ada Anggota DPR RI yang mengeluhkan layanan di rumah sakit provider yang ditunjuk oleh PT Jasindo.  Salah satu penyebabnya adalah kurangnya sosialisasi terkait Jamkestama kepada RS provider tersebut.  

“Salah satu kasus yang sering terjadi, Anggota DPR RI mendapat pelayanan yang kurang memadai. Hal ini disinyalir karena Program Jaminan Kesehatan sebagaimana diatur dalam Perpres dan Permenkeu tersebut belum tersosialisasikan dengan baik kepada RS provider,” ungkap politisi Partai Demokrat itu.   

Faktor penyebab lainnya, lanjut Agung, masih terdapat beberapa RS provider belum memiliki sarana dan fasilitas yang memadai untuk menjalankan pelayanan berstandar VVIP. Di sinilah BURT bertugas memantau sejumlah RS yang ditunjuk untuk melihat dari dekat, bagaimana layanan dan kelengkapan fasilitas yang dimiliki RS. 

“Berdasarkan kondisi tersebut dan untuk memastikan bahwa pelaksanaan Jamkestama bagi Anggota DPR RI beserta keluarganya dapat berjalan sesuai dengan ketentuan, maka BURT perlu melakukan peninjauan secara langsung terhadap pelaksanaan program dimaksud,” tegas Anggota Komisi II DPR RI tersebut.  

Agung menambahkan, BURT DPR aktif memantau semua RS provider ke sejumlah daerah. Pantauan ini penting agar tak ada keluhan dan pengaduan lagi dari para Anggota Dewan terhadap program Jamkestama. 

“Melalui kunjungan kerja ke rumah sakit provider ini diharapkan program Jamkestama bagi Anggota DPR RI beserta keluarga dapat lebih tersosialisasi dengan baik,” harap legislator dapil Jawa Barat I itu. 

APRESIASI RS BAYUKARTA KARAWANG

Wakil Ketua BURT DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah bertukar cindera mata dengan direksi RS Bayukarta, di Karawang, Jawa Barat. Foto: Ayu/nvl

Di Karawang, Jawa Barat, Wakil Ketua BURT DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mengapresiasi Rumah Sakit Bayukarta atas pelayanan dan penanganan terhadap pasien program Jamkestama. RS Bayukarta ini merupakan salah satu RS sakit provider yang ditunjuk oleh PT Jasindo dalam melaksanakan program jamkestama bagi pejabat negara termasuk anggota DPR RI beserta keluarga. 

“Tadi sempat dijelaskan bahwa RS ini memiliki 12 ruang VIP, berbagai peralatan yang cukup canggih, serta tenaga medis termasuk para dokter ahli atau spesialis yang cukup banyak. Dengan begitu saya menilai RS Bayukarta ini akan siap memberikan pelayanan terbaik kepada para peserta Jamkestama yang di dalamnya termasuk para anggota DPR RI, serta juga pasien umum lainnya. Saya sangat mengapresiasi,” jelas Dimyati usai pertemuan dengan jajaran direksi RS Bayukarta, di Karawang, Jawa Barat.  

Dari penjelasan pihak RS Bayukarta, Dimyati menyampaikan, RS ini memiliki 45 tempat tidur isolasi Covid yang tentu tidak tercampur dengan pasien non-Covid. Pemisahan pasien Covid dan non-Covid ini dilakukan sejak pasien datang ke RS tersebut. 

“Artinya sejak masuk pasien yang terindikasi Covid dan non-Covid penanganannya sudah berbeda, dipisahkan gedung, ruangannya dan tentu saja peralatannya. Sehingga benar-benar terpisah. Dengan begitu kami menjadi tenang jika nanti ada anggota atau keluarganya yang tiba-tiba sakit di daerah tersebut. Ini juga menandakan rumah sakit di daerah sudah grow up. Dan pemilihan RS Bayukarta oleh PT Jasindo ini menurut saya sudah sangat tepat,” pungkasnya.

BANYAK ANGGOTA DEWAN BEROBAT DI RS AZRA BOGOR

Wakil Ketua BURT DPR RI Evita Nursanty saat memimpin pertemuan tim Kunker BURT di RS Azra Bogor. Foto : Suci/Man

Wakil Ketua BURT DPR RI Evita Nursanty menyatakan, dirinya merasa surprise ketika mengetahui banyak Anggota DPR RI bersama keluarganya yang berobat ke Rumah Sakit Azra di Bogor. 

“Saya surprise sekali bahwa cukup banyak sekali Anggota DPR RI dan keluarga yang berobat di rumah sakit Azra ini,” kata Evita saat memimpin Kunjungan Kerja dalam ranggka pengawasan pelaksanaan Jaminan Kesehatan bagi Anggota DPR RI dan Keluarga di Rumah Sakit Azra Bogor, Jawa Barat. 

Evita menyampaikan, RS Azra mendapatkan penghargaan menjadi rumah sakit terbersih di Bogor dan memiliki beberapa keistimewaan di dalam pelayanan medisnya. Rumah Sakit Azra yang pada awal pendiriannya adalah rumah sakit ibu dan anak dan saat ini punya keunggulan di pelayanan fisioterapi. 

“Katanya cukup banyak anggota DPR RI dan keluarganya yang menggunakan fasilitas-fasilitas yang berkaitan dengan hal tersebut yang memang menjadi unggulan dari rumah sakit ini,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan  kunjungan ke Rumah Sakit Azra  merupakan kunjungan rutin yang dilakukan BURT kepada rumah sakit-rumah sakit rujukan dari Asuransi Jasindo yang menghandle Jamkestama Asuransi Kesehatan bagi anggota DPR terkait dengan fasilitas dan pelayanan medis yang dimiliki oleh rumah sakit rujukan Jasindo. 

“Kunjungan ini tentunya untuk memastikan  rumah sakit rujukan Jasindo  mempunyai fasilitas yang memadai, cukup untuk hal-hal yang berkaitan dengan medis. Karena kesehatan bagi Anggota DPR RI dan keluarganya itu menjadi tanggung jawab BURT DPR,” tegasnya. 

Ia menambahkan,  BURT  juga ingin memastikan apakah ada hal-hal yang menghambat pembayaran dari Jasindo terhadap rumah sakit rujukan. “Tentunya yang namanya asuransi apakah ada kendala-kendala pembayaran dari Jasindo ke rumah sakit ini. Kemudian sudah berapa banyak sebenarnya fasilitas daripada rumah sakit ini yang digunakan anggota DPR,”  jelas  anggota dewan daerah pemilihan Jawa Tengah ini.

Ia mengharapkan ke depan rumah sakit-rumah sakit yang menjadi rujukan Jasindo memberikan fasilitas kesehatan dan pelayanan kesehatan kepada Anggota DPR RI dan keluarganya  lebih baik lagi. lafr,ayu,sc/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)