Rofik Hananto: Serahkan Bantuan Program Talenta Inovasi Indonesia

Anggota DPR RI Rofik Hananto menyerahkan bantuan program penguatan talenta inovasi indonesia bagi mahasiswa Strata-1 senilai masing-masing Rp 10 juta untuk 33 mahasiswa di Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen.

Rofik mengatakan, program Talenta Inovasi Indonesia terselenggara atas kerja sama Kemenristek/BRIN dengan Komisi VII DPR RI tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan dana kepada mahasiswa aktif dan inovatif yang dipersiapkan sebagai calon inovator masa depan dalam rangka menyelesaikan tugas akhir untuk mendukung pencapaian SDM Unggul.

“Masa pandemi Covid-19 ini menimbulkan berbagai dampak ekonomi. Salah satunya, orang tua yang mengalami kesulitan dana untuk anaknya yang belum selesai kuliah. Kami inisiasi mahasiswa untuk dibantu beasiswa talenta agar bisa menyelesaikan studinya. Beasiswa diberikan kepada sekitar 1.018 mahasiswa di seluruh Indonesia dan dapil kami berhasil meloloskan sebanyak 33 mahasiswa,” ujar Rofik.

Politisi Fraksi PKS tersebut menambahkan, orang tua mahasiswa sangat terbantu dengan bantuan itu. Sebab, mereka merasakan kesulitan secara ekonomi karena pandemi ini. Dengan demikian, diharapkan para mahasiswa itu menjadi lebih semangat lagi untuk menyelesaikan studi.

Politisi dapil Jawa Tengah VII ini juga mendorong agar para mahasiswa menjadi pengusaha. Sejak belum lulus, mahasiswa sebaiknya sudah mempunyai paradigma baru yakni setelah lulus akan menjadi seorang entrepreneur dengan merambah dunia bisnis.

Anggota DPR RI Rofik Hananto menyerahkan bantuan Program Penguatan Talenta Inovasi Indonesia kepada perwakilan mahasiswa di dapilnya. Foto : Ist/nvl

“Mahasiswa era sekarang itu setelah lulus bukan mencari lapangan kerja melainkan membuka lapangan kerja, menciptakan lapangan kerja. Itu sangat saya apresiasi. Masa muda adalah saat yang tepat untuk mencoba bisnis. Mereka masih mempunyai banyak waktu untuk bangkit lagi dan mencoba lagi jika mengalami kegagalan dalam berbisnis,” tandas Rofik.

Kabid SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga Agus Triyanto meminta para mahasiswa untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bantuan tersebut. Sebab, bantuan itu bukan merupakan warisan namun sebuah amanah yang harus bisa dipertanggungjawabkan.

Ketua DPD PKS Kabupaten Kebumen Akbar Yuliastomo menyampaikan terima kasih kepada Rofik dan bersyukur ada 33 mahasiswa yang mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 juta per mahasiswa itu. 

“Sebab di masa pandemi ini orang tua harus berpikir bagaimana agar dapur tetap bisa ngebul, sekaligus bagaimana agar kuliah anaknya bisa selesai. Jadi bantuan ini sangat membantu. Terima kasih kepada Bapak Rofik Hananto,” kata Akbar. l pun/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)