Putu Supadma Rudana: Mengukuhkan Jati Diri Pariwisata Bali

Anggota Dewan dari Fraksi Partai Demokrat Putu Supadma Rudana menaruh perhatian serius pada seni budaya dan kearifan lokal Bali. Dia pun selalu bersumbangsih dalam memberikan perspektif kepada dunia, tentang kearifan lokal Bali, menggaungkan Tri Hita Karana, Subak serta tradisi Bali lainnya.

Anggota DPR RI Putu Supadma Rudana. Foto: Jaka/nvl

Putu merupakan anggota parlemen yang aktif dalam menyampaikan dan memperjuangkan hak-hak dan aspirasi masyarakat terutama di daerah pemilihannya.

“Saya bekerja tulus dan sesuai konstitusi, apa yang saya perjuangkan tidak hanya pada mitra kerja di komisi tapi pada sektor lainnya utamanya saat rakyat kesulitan di masa pandemi Covid, saya juga bantu,” papar Putu pertengahan Maret 2021.

Bahkan Putu juga kerap memperjuangkan hak masyarakat daerah, salah satunya adalah dengan menyentuh ekonomi kreatif di tingkat terendah yakni melakukan pendampingan untuk rakyat kecil di desa-desa dan dilaksanakan dengan beberapa strategi yang dimilikinya.

“Ketika pandemi menyerang kita, di Bali saya bersama kader Demokrat di Bali dan relawan PSR sudah berbuat membantu mulai dari alat-alat kesehatan, sembako dan men-support pemulihan UMKM,” ungkap Putu.

Sebagai Wakil Ketua BKSAP, ia juga senantiasa menjembatani kerja sama di berbagai bidang antara Provinsi Bali dengan provinsi lainnya dan secara substansi dan berkesinambungan mendorong berbagai kerjasama ekonomi, perdagangan dan pariwisata.

Putu selama ini juga merupakan duta parlemen dan corong diplomasi parlemen yang senantiasa mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia khususnya Bali sebagai magnet pariwisata Indonesia untuk dunia.

Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini, juga konsen dalam penggaungan pariwisata ekonomi kreatif, infrastruktur darat laut dan udara serta pendidikan, peningkatan SDM dan peningkatan status perguruan tinggi di Bali.

Bahkan kerap memposisikan perguruan tinggi yang berbasis vokasi dan kearifan lokal Bali dan agama Hindu agar menjadi jati diri kepariwisataan Bali. Dan belum lama ini Putu meraih penghargaan sebagai Tokoh Peduli Daerah di Teropong Parlemen Award (TPA) 2021. Dia mengunkapkan bahwa penghargaan tersebut sebagai sebuah amanah bagi dirinya untuk terus bekerja lebih giat dan lebih baik lagi. l eko/es

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)