Prasetyo Hadi: Serap dan Realisasikan Aspirasi Masyarakat Dapilnya

“…kami turut mengusulkan titik dan mendorong untuk mendapatkan bantuan pembangunan infrastruktur pertanian melalui Program Tata Guna Air Irigasi (PTGAI)”

 
Anggota DPR RI Prasetyo Hadi melakukan peletakan batu pertama pembangunan irigasi di Purworejo, Jateng.

Anggota DPR RI Dapil Jawa Tengah VI Prasetyo Hadi dalam kunjungan kerja reses di dapilnya memperjuangkan dan merealisasikan pembuatan irigasi. Irigasi ini merupakan aspirasi masyarakat yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Desa Jombang, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo.

Atas perjuangannya itu, Pras diberi penghargaan untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan Irigasi Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI). P3TGAI merupakan salah satu program dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA).

Kegiatan tersebut bermaksud untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan rehabilitasi, peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan yang berdasarkan prinsip kemandirian. Hal ini dimaksud untuk mendukung program kedaulatan pangan dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VI kami turut mengusulkan titik dan mendorong untuk mendapatkan bantuan pembangunan infrastruktur pertanian melalui Program Tata Guna Air Irigasi (PTGAI),”ujar Pras dalam kesempatan itu.

Dengan P3TGAI ini diharapkan menjadi program yang dapat menggenjot produksi sawah-sawah petani. Dengan demikian, pendapatan dan kesejahteraan para petani di Desa Jombang, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo juga ikut meningkat.

Selain itu dalam Reses kemarin, Pras juga merealisasikan program bedah rumah untuk warga di Desa Magersari, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Bersama Tim Rumah Aspirasi, Prasetyo Hadi meninjau realisasi pembangunan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) rumah keluarga penerima manfaat.

BSPS adalah bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya.

“Insya Allah saya akan terus memperjuangkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di Dapil saya ke pemerintah pusat, sebagaimana tugas konstitusi yang diamanahkan ke saya,” pungkasnya. •ayu/aha

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)