Perjuangkan Kemandirian Ekonomi Perempuan Di Bidang Digital

KPP DPRD DIY Audiensi Dengan Ketua Presidium KPP DPR RI Diah Pitaloka

Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen DPR RI Diah Pitaloka. Foto: Jaka/nvl

Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen DPR RI Diah Pitaloka menerima audiensi dari Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (KPP DIY), di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (27/8/2021). Diah Pitaloka yang juga sebagai menerima masukan agar kerja sama KPP di pusat dan daerah dapat terus berlangsung, khususnya bagi peningkatan kemandirian ekonomi kaum hawa di bidang digital.

Ketua KPP DPRD DIY Rany Widayati menilai perempuan, terlebih yang telah berumah tangga menjadi tumpuan ekonomi keluarga. Kondisi pandemi menyebabkan situasi lebih buruk, karena banyak terjadi perceraian, suami atau dirinya sendiri yang terkena PHK, bahkan anak-anaknya yang putus sekolah.

Karena itu, membangun ekonomi digital bagi perempuan menjadi mutlak untuk segera dilaksanakan. Seorang perempuan (istri) bisa tetap berpenghasilan meskipun berada di rumah.  Dengan kerjasama ini, KPP DIY siap terjun ke masyarakat dengan membawa program yang bisa didapatkan dari kementerian/lembaga terkait.

Selain itu, KPP DPRD DIY juga mendukung Baleg DPR RI untuk mempercepat pembahasan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Karena situasi saat perempuan berada di dunia kerja sangat rentan mendapatkan pelecehan seksual, meskipun juga ada kasus lelaki mendapatkan perlakuan tersebut.

Menanggapi aspirasi itu, Diah Pitaloka menegaskan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Kemkominfo bersedia memfasilitasi KPP yang ada di daerah. Juga kerja sama dengan beberapa perusahaan teknologi informasi yang menitikberatkan tentang literasi digital. Juga, Diah Pitaloka mengapresiasi dukungan terhadap RUU PKS yang berasal dari perempuan di daerah.  rdn/es

MIMBAR DEMOKRASI menghadirkan aspirasi dari masyarakat yang langsung diserap dan diterima oleh Anggota DPR RI di Rumah Rakyat agar segera dapat ditindaklanjuti baik oleh Anggota DPR RI maupun oleh Pemerintah

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)