Perayaan Natal Parlemen Cermin Kekuatan, Kerukunan dan Gotong Royong

DPR RI bersama MPR dan DPD RI sukses menggelar Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 pada Rabu (12/1/2022) dengan mengusung tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan” sejalan dengan tema nasional Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).


Pimpinan serta Anggota DPR RI foto bersama saat malam puncak perayaan Natal Parlemen. Foto: Eno/nvl

Perayaan Natal Bersama di Kompleks Parlemen tersebut dihadiri berbagai tamu undangan dari unsur pemerintah seperti kementerian/lembaga, segenap mitra kerja DPR hingga Duta Besar negaranegara sahabat, tokoh agama dan ormas keagamaan diiringi protokol kesehatan yang ketat dalam seluruh rangkaian perayaan.

Hadir langsung dan memberi sambutan dalam acara tersebut, Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyampaikan ucapan selamat Natal untuk seluruh umat Kristiani khususnya yang berada di Kompleks Parlemen.

Sejalan dengan tema Natal Bersama MPR, DPR, dan DPD RI tahun ini yang mengusung tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”, Puan menyatakan keberagaman Indonesia dapat menjadi sumber kekuatan untuk mewujudkan kerukunan dan gotong royong umat beragama, bukan menjadi sumber perpecahan.

“Perayaan Natal hari ini membuka sekat warna dan agama di antara kita. Kita hadir pada kesempatan hari ini untuk bersama-sama merayakan tanpa memikirkan darimana dan latar belakang kita berasal, karena kita masing-masing mempunyai semangat persaudaraan dan gotong royong, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru ini bisa diisi semangat dalammenghadapi tantangan kedepan,” ujar Puan.

PERSAUDARAAN ANTAR UMAT

Sementara itu, Ketua Panitia Natal Parlemen Lamhot Sinaga menyatakan Perayaan Natal dan Tahun Baru dilaksanakan untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila khususnya di lingkungan MPR, DPR dan DPD RI. Perayaan Natal Parlemen diharapkan dapat menjadi momentum untuk membangun persaudaraan antar sesama umat manusia. Gerakan persaudaraan sangat dibutuhkan akhir-akhir ini secara khusus perpolitikan Indonesia membutuhkan cinta kasih. Terlebih di masa pandemi Covid-19, kebersamaan dan persaudaraan adalah nomor satu. “Jikalau saya tidak sependapat denganmu, bukan berarti aku membencimu. Kita boleh berbeda, tapi kita tetap saudara.” ujar Lamhot.

Panitia Natal Parlemen juga mengangkat perpaduan pakaian adat Nusantara yang bertujuan semakin menegaskan semangat persaudaraan hadir di lingkungan Parlemen di bawah bingkai NKRI. Sekaligus, mencerminkan Parlemen sebagai miniatur bangsa Indonesia  yang majemuk namun tetap dapat rukun dan damai dalam memperjuangkan pembangunan Indonesia.

KULINER UMKM DAN BEASISWA

Di samping itu, Panitia Natal Parlemen sukses menyelenggarakan event “Kuliner UMKM” dengan mengundang puluhan tenant kuliner Nusantara yang bisa dinikmati secara gratis di Kompleks MPR, DPR, DPD RI. Panitia juga menyerahkan beasiswa kepada 10 siswa berprestasi dari keluarga internal kesekjenan MPR, DPR dan DPD RI masing masing senilai Rp2.500.000.

Selain itu, Panitia membagikan bingkisan Natal kepada pegawai di lingkungan Parlemen mulai dari Pamdal sampai dengan cleaning service. “Terakhir, panitia menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para Pimpinan

CINTA KASIH DAN PERSAUDARAAN

Selain itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo yang juga turut hadir dalam sambutannya menjelaskan cinta dan kasih dari Tuhan Yang Maha Esa harus menjadi bahan bagi semua pemeluk agama dalam merajut semangat persaudaraan dalam kebersamaan. Ia menuturkan cinta kasih dan persaudaraan adalah ikatan senyawa yang saling menguatkan satu sama lain yang akan menuntun setiap langkah menuju harmoni dan kedamaian.

“Setelah hampir dua tahun diuji dan ditempa oleh pandemi Covid-19, kita bersyukur bahwa soliditas dan solidaritas kebangsaan masih mampu mempersatukan kita dalam satu bahtera kebangsaan. Saat ini, seiring dengan perbaikan sektor kesehatan dan pemulihan kehidupan sosial ekonomi masyarakat, kita semua tentunya berharap perayaan Natal pada hari ini menjadi momentum kebangkitan untuk menyongsong masa depan yang lebih baik,” pesan Bamsoet, sapaan akrab Ketua MPR. •lpun/es

"KITA HADIR PADA KESEMPATAN HARI INI UNTUK BERSAMA-SAMA MERAYAKAN TANPA MEMIKIRKAN DARIMANA DAN LATAR BELAKANG KITA BERASAL, KARENA KITA MASING-MASING MEMPUNYAI SEMANGAT PERSAUDARAAN DAN GOTONG ROYONG, ..."
-Ketua DPR RI Puan Maharani.

Tim Redaksi

Tambah Komentar

Kunjungi kami

EMedia DPR RI merupakan platform digital dengan beragam informasi yang lugas, akurat, dan terpercaya terkait aktivitas, kegiatan, dan topik pembahasan isu-isu oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI)